RAYA – Sekretaris Kota (Sekkot) , Irmayanti Pettalolo, berharap Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) serta E-Katalog dalam pelaskanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJB) dapat terus meningkat di daerah itu.

“Kita berharap bahwa TKDN terus meningkat di , juga dengan transaksi E-Katalog perlu ditingkatkan,” kata Sekkot Irmayanti saat menghadiri bimbingan teknis (bimtek)dalam rangka mengimplementasikan Inpres Nomot 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha , Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, serta menambah ilmu perpajakan, dilaksanakan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Kota Palu di ruang pertemuan Bantaya, Kantor Wali Kota Palu, Senin (6/3/2023).

Pada kegiatan dengan mengusung tema ‘Meningkatkan Transaksi Melalui E-Katalog serta TKDN dan Kewajiban Perpajakan Atas Belanja APBD' tersebut, Sekkot Irmayanti, mengatakan, dengan adanya transaksi E-Katalog dapat menjadi upaya meningkatkan kerjasama dengan mitra kerja lokal memiliki kompetensi.

“E-Katalog sebagai upaya untuk meningkatkan kerjasama dengan mitra kerja, khususnya mitra lokal yang berkompetensi,” tambahnya.

Ia juga menekankan agar para pejabat pengadaan memperhatikan tanggung jawab dalam setiap melaksanakan program-program dan kegiatan, agar tetap sesuai dengan koridor dan ketentuan berlaku.

“Apapun program dan kegiatan yang kita laksanakan harus kita pertanggung jawabkan, pastikan semua proses berjalan dengan ketentuan dan peraturan yang ada,” tutup Sekretaris Daerah Kota Palu.

Kegiatan yang dipandu langsung Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah dan itu, diikuti PPK dan pejabat pengadaan di lingkup , serta para mitra pelaku usaha.

Sebagai tambahan, berdasarkan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 11 Tahun 2018 tentang Katalog Elektronik, menyebutkan, E-katalog adalah sistem informasi yang memuat berbagai informasi berupa , jenis, spesifikasi teknis, TKDN, produk dalam negeri, produk Standar Nasional Indonesia (SNI) dan informasi lainnya dari berbagai penyedia barang/jasa.

E-katalog terdiri dari katalog elektronik nasional, katalog elektronik sektoral dan katalog elektronik lokal yang meliputi barang dan jasa lainnya.HGA