RAYA – Aktivitas Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) hari pertama pascarusuh di PT Gunbuster Nickel Industri () Morowali Utara (), kini kembali melakukan kegiatan operasional perusahaan sejak pagi hari Selasa (17/1/2023).

Tenaga kerja asing yang mayoritas kewarganegaraan China kembali berbaur dan menyatu dengan pekerja Indonesia untuk bersama secara harmonis melaksanakan aktivitas sesuai bidang pekerjaan masing-masing.

“Karyawan hari ini mulai kembali bekerja, jumlah karyawan yang bekerja 2.963 karyawan terdiri dari 350 TKA dan 2.613 TKI,” sebut Kombes Didik Supranoto selaku Kabidhumas di , Selasa (17/1/2023).

Sejak pagi baik TKA maupun TKI kembali berbaur dan menyatu bersama-sama melaksanakan pekerjaan sesuai bidang tugas masing-masing, mereka nampak harmonis dan situasi sampai sore kemarin tetap kondusif.

Didik juga menyebutkan, untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan karyawan, saat ini di lokasi kerja PT GNI telah dijaga 709 personel gabungan TNI-. Mereka ditempatkan di beberapa pintu masuk, beberapa pos, mess karyawan TKA dan kantor PT GNI.

“Semoga harmonisasi kerja TKA dan TKI membawa angin segar kembali operasionalnya PT GNI di Morowali Utara, segala persoalan dapat diselesaikan menurut aturan undang-undang yang berlaku yang akan tetap dikawal oleh TNI-Polri hingga selesai,” harapnya. */YAT