RAYA – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan () Sulawesi Tengah (Sulteng), menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal bagi pegawai dan anak binaan, Jumat (19/4/2024) pagi.

Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun itu, merupakan sinergi Klinik Ceria LPKA bersama dan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako ().

Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, untuk memberikan kepastian pelayanan hak Kesehatan para pegawai dan anak binaan terpenuhi dengan baik.

Kepala , Revanda Bangun mengatakan, kegiatan tersebut merupakan komitmen LPKA Palu dalam menjaga kesehatan para anak binaan selama menjalani masa pembinaan.

“Selain anak binaan, para pegawai juga dilakukan pemeriksaan dan pengobatan guna mewujudkan Pemasyarakatan Sehat. Kita juga berharap dari rangkaian kegiatan yang telah dilakukan dapat mencegah penularan penyakit dengan menerapkan pola hidup sehat,” kata Revanda.

Revanda menjelaskan, kegiatan penyuluhan dan skrining kesehatan dilakukan secara berkala per bulan rutin yang dilaksanakan LPKA Palu bersama Puskesmas Bulili serta dalam pemenuhan layanan kesehtaan pihaknya juga menghadirkan inovasi Konsultasi Pelayanan Kesehatan (KPK) yang terus siap 1×24 jam.

“Ini komitmen bersama yang kita bangun, kesehatan itu penting. Mari kita jaga bersama dengan perilaku hidup yang baik dan bersih,” tegas Revanda.

Bertempat di ruang Aula Terbuka, sebanyak 50 orang pegawai dan 18 orang anak binaan melakukan konsultasi kesehatan yang ditangani langsung oleh dr. Gerald dari Puskesmas Bulili dan dr. Alfika dari Fakultas Kedokteran Untad yang didampingi oleh perawat

Selanjutnya, dr. Gerald menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Kepala LPKA palu yang terus berupaya memastikan para pegawai dan anak binaannya tetap dalam keadaan sehat.

“LPKA Palu merupakan salah satu contoh dalam penerapan pola hidup sehat, mulai dari penyediaan , MCK yang terjaga, dapur higenis, gizi pada makanan terpenuhi dan pemeriksaan rutin,” ujar dr.Gerald.

“Inovasi layanan KPK juga memberikan warna tersendiri. Hal ini memastikan bahwa jajaran di LPKA Palu sangat proaktif dalam mewujudkan Pemasyarakatan Sehat,” tambah dr. Gerald.

Senada dengan hal tersebut, Sulteng, Hermansyah Siregar berharap, melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi pegawai dapat meningkatkan produktivitas guna memberikan pelayanan PASTI, yakni Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan inovatif kepada seluruh masyarakat.

Bukan hanya itu, Kakanwil Hermansyah juga memberikan dukungan bagi para anak binaan agar menjadi generasi muda yang sehat dan cerdas menuju Indonesia Emas 2045.

“Pemeriksaan kesehatan massal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan pegawai dan anak binaan, mari bersama kita wujudkan pemasyarakan sehat,” jelas Kakanwil Hermansyah.*/YAT