RAYA – Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin menghadiri acara Santunan 3.333 Anak Yatim Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (), di Assembly Hall Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Acara itu diselenggarakan sebagai salah satu upaya terus mengalirkan kemaslahatan kepada masyarakat, dan berbagi keberkahan di bulan 1445 H.

Sebanyak 1.500 anak yatim dari 30 yayasan panti asuhan di Jabodetabek dan Banten diundang hadir secara langsung di Assembly Hall Jakarta Confension Center, Jakarta. Sementara, 1.833 anak yatim lainnya akan diundang oleh masing-masing Kantor Regional BSI di seluruh Indonesia.

Wapres secara simbolis ikut memberikan kado THR berupa uang tunai senilai Rp 300.000 per anak dan bingkisan.

Dalam sambutannya, Wapres berpesan bahwa anak-anak sebagai penerus bangsa agar meneladani Rasulullah dan tingkatkan semangat belajar.

“Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada anak-anak penerus bangsa yang hadir di sini. Jadikanlah bulan suci Ramadan sebagai momentum untuk lebih meneladani Rasulullah SAW. Tingkatkan terus semangat belajar untuk mengejar cita-cita yang tinggi,” tutur Wapres.

Sementara kepada pihak penyelenggara, Wapres pun berharap agar BSI selayaknya menjadi pintu yang membuka kesempatan bagi anak Indonesia, termasuk anak yatim, untuk berprestasi dan mengoptimalkan potensi yang mereka miliki, hingga saatnya nanti mampu mengisi ruang-ruang pembangunan dan membawa negeri pada kemajuan dan kesejahteraan.

“Sekiranya kegiatan yang baik ini juga dapat direplikasi oleh berbagai elemen lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan, bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang tepat mengasah kepekaan dan meningkatkan kepedulian sosial serta mengalirkan manfaat untuk sesama.

Ia berharap melalui kegiatan itu, BSI mampu memberikan dampak positif dan kemanfaatan pada seluruh umat.

“Mari kita jadikan bulan Ramadan sebagai momentum untuk kembali ke fitrah. Kami berharap seluruh Insan BSI bisa mengambil hikmah dari kegiatan sosial ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bersama-sama kita berikan kemaslahatan dan manfaat bagi umat, bangsa Indonesia dan semesta alam,” ungkap Hery.

Hery juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Wapres dan para pemangku kepentingan hingga bank yang digawanginya berhasil menjadi bank nomor lima terbesar di Indonesia.

Raihan impresif BSI ini antara lain ditunjukkan, hingga Desember 2023, penyaluran pembiayaan BSI di sektor halal value chain tercatat hampir 20 triliun , baik di subsektor makanan dan minuman halal, farmasi dan kosmetik halal, ataupun modest fashion.

Dalam periode yang sama, tambahnya, pertumbuhan aset BSI mencapai 15,67 persen secara tahunan dan menjadi pertumbuhan terbesar di industri perbankan nasional. Begitu pula dengan , pertumbuhannya sebesar 33,88 persen secara tahunan dan menjadi salah satu yang terbesar di industri.

Pada kesempatan yang sama, Hery menyatakan bahwa hari ini merupakan momentum spesial untuk BSI setelah melewati 3 tahun pertama sejak awal beroperasi. Ia mengucap syukur atas gemilang pada tahun lalu, yang diikuti dengan perusahaan yang juga meningkat.

Saat ini, BSI tercatat sebagai perusahaan dengan zakat terbesar di Indonesia. Pada tahun ini, BSI menyerahkan Rp222,7 miliar zakat perusahaan melalui Badan Amil Zakat Nasional (), angka ini melesat 29 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Pertumbuhan laba BSI yang positif tentunya akan meningkatkan zakat yang dapat disalurkan BSI bagi masyarakat. Alhamdulillah di Ramadan tahun ini BSI dapat menyalurkan zakat perusahaan dan zakat pegawai senilai Rp222,7 miliar dan menjadi yang terbesar di Indonesia. Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI terus meneguhkan komitmen untuk memperkuat ekonomi umat dengan mendorong peningkatan penyaluran zakat perusahaan,” tutup Hery. RHT