SULTENG RAYA – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sulawesi Tengah (Kanwil Sulteng) memperingati Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 dengan menggelar upacara, seluruh pegawai berikrar menjaga kedaulatan dan keselamatan bangsa bersama, Selasa (19/12/2023).

Dihadiri oleh para Kepala Divisi, Pejabat Administrator dan Pengawas, serta seluruh staf, kegiatan yang digelar di lapangan Olahraga Kanwil tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar.

Membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Kakanwil Hermansyah pun menyebutkan kegiatan tersebut merupakan momentum oleh seluruh komponen bangsa untuk bersatu dan berkontribusi positif demi mewujudkan Indonesia maju. Kepada seluruh peserta, ia pun meminta agar seluruh jajaran mesti memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan bangsa yang tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

“Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Kakanwil.

Lebih lanjut, ia menguraikan peringatan Hari Bela Negara mesti direfleksikan dengan wujud konkrit nyata yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. “Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Diketahui, seluruh jajaran pun dengan lantang berikrar bersama untuk menjaga kedaulatan dan keselamatan bangsa, yang berisikan empat poin penting diantaranya, mencintai tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setiap pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara dan memiliki kemampuan awal bela negara. */YAT