RAYA —Melampaui semester pertama 2023, , platform travel terdepan se-Asia Tenggara, mencatat kenaikan pada pencarian penerbangan luar negeri sebesar hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan itu selaras dengan data dari Bidang Statistik dan Distribusi Jasa BPS, yang menyatakan bahwa selama Januari hingga Juli 2023, jumlah penumpang angkutan udara tujuan mencapai sebanyak 8,4 juta orang atau naik sebesar 258,55 persen dibanding periode yang sama di 2022.

Memahami preferensi konsumen yang terus meningkat pada perjalanan luar negeri sejak tahun lalu, Traveloka kembali menggelar Traveloka Travel Fair yang hadir secara online dan juga offline di Kota Kasablanka Mall dengan beragampenawaran menarik untuk seluruh produk travel, yang dapat memudahkan konsumen mewujudkan rencana perjalanannya.

Traveloka Travel Fair kali ini tampil berbeda dengan sebelumnya, di mana untuk pertama kalinya konsumen dapat dilayani langsung oleh tim dari Traveloka.

CEO Transport Traveloka, Iko Putera, mengatakan, data internal Traveloka menunjukkan adanya peningkatan pada pencarian penerbangan luar negeri pada semester pertama tahun ini. Hal tersebut mencerminkan minat perjalanan konsumen masih menunjukkan tren positif.

“Seiring dengan peningkatan tersebut, jumlah untuk perjalanan internasional pada semester pertama 2023 mengalami peningkatan signifikan sebesar 4 kali lipat dibandingkan dengan semester satu tahun 2022,” ujar Iko dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Rabu (27/9/2023).

Iko menjelaskan, seiring peningkatan minat perjalanan internasional tersebut Traveloka konsisten menghadirkan solusi inovatif dan komprehensif untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin beragam.

Berangkat dari komitmen Traveloka menghadirkan pengalaman perjalanan baik bagi konsumen, tim Traveloka terinspirasi untuk menghadirkan inovasi. Untuk pertama kalinya tim travel expert Traveloka akan menemui konsumen secara langsung dan melayani langsung para konsumen untuk membantu perencanaan perjalanan mereka.

Layanan offline ini memungkinkan konsumen untuk berdiskusi langsung untuk mendapatkan opsi penerbangan terbaik sekaligus menjadi kesempatan bagi kami untuk memahami langsung kebutuhan perjalanan mereka.

“Tidak hanya memberikan rekomendasi harga terbaik, tim travel expert dari Traveloka juga akan memberikan konsultasi secara langsung mulai dari inspirasi perjalanan, pencairan, hingga solusi fleksibilitas perjalanan seperti fitur Refund Guarantee,” tegasnya.

Gelaran Traveloka Travel Fair kembali dihadirkan di Mal Kota Kasablanka Jakarta selama sepekan, sejak 25 September hingga 1 Oktober 2023, mulai pukul 10.00 hingga 21.00 (mengikuti jam operasional mall).   

Hadirkan rangkaian produk travel yang end-to-end, konsumen berkesempatan mendapatkan penawaran terbaik untuk seluruh produk travel mulai dari Pesawat, Akomodasi hingga Travel Activities dengan metode pembayaran yang beragam serta potongan harga tambahan dari mitra maskapai dan bank.

Tidak hanya digelar secara offline, konsumen yang belum dapat berkunjung ke Mal Kota Kasablanka tetap dapat menikmati berbagai penawaran menarik selama Traveloka Travel Fair berlangsung melalui aplikasi Traveloka.

Peningkatan Minat Perjalanan ke Jepang

Selain peningkatan minat pada perjalanan luar negeri secara umum, data internal Traveloka juga menunjukkan peningkatan minat pada perjalanan ke Jepang. Hal ini terutama terlihat pada data kuartal kedua 2023, yang mencatat jumlah transaksi untuk penerbangan ke Jepang pada mengalami kenaikan 4 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Untuk destinasi, Tokyo, Osaka, Nagoya, Fukuoka dan Sapporo tercatat sebagai lima kota favorit pengunjung.

Menanggapi tingginya minat perjalanan ke Jepang, Traveloka Travel Fair kali ini memberikan berbagai penawaran menarik seperti terbang ke Jepang mulai dari Rp4,5 juta, 30% untuk fitur 100% Refund Guarantee, serta cicilan 0% dari beberapa Kartu pilihan. Pada acara yang didukung oleh hampir 30 mitra ini, konsumen juga bisa mendapatkan harga tiket promo khusus dan merchandise dari maskapai yang berpartisipasi, serta tiket pesawat gratis untuk pelanggan dengan total pembelanjaan tertinggi (Top Spender).

“Inti dari layanan Traveloka adalah senantiasa memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen. Kami berharap, dengan konsep baru serta berbagai promo menarik yang kami hadirkan, Traveloka Travel Fair semakin mendapat tempat di hati pelanggan setia kami, dan semakin menegaskan posisi Traveloka sebagai platform perjalanan pilihan konsumen,” tutup Iko. RHT