RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H. Rudi Dewanto, resmi membuka Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) ke-XXVII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023 di Kabupaten Tojo Una-Una (Touna).

“Hari ini kita menyaksikan suatu event besar dimana Alquran akan didengar setiap saat di Kabupaten yang dijuluki Bumi Sivia Patuju. Dengan mengucapkan Bismilahirrahmanirrahim, STQH ke-XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023 ini resmi kita buka,” ucap Rusdi Dewanto di lapangan Alun-Alun STQ Kota Bumi Mas, Kelurahan Uemalingku pada Senin (8/5/2023) sekira Pukul 20:00 Wita.

Rusdi Dewanto juga terus menyemangati seluruh kafilah kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah dalam perlombaan di STQH ini untuk menjadi yang , sehingga bisa mewakili sampai ke tingkat nasional. “Selamat berkompetisi bagi para peserta untuk berikhtiar menjadi yang terbaik di STQH tingkat Provinsi Sulteng ini,” katanya.

Selanjutnya, penyerahan piala bergilir dari Bupati Morowali Utara (), Dr. dr.Delis Julkarson Hehi kepada Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan , Rusdi Dewanto.

Acara yang berlangsung sukses dan khidmat itu, dibuka dengan pemukulan bedug oleh Bupati Tojo Una-Una, Mohammad Lahay didampingi Asisten II Bidang Perekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulteng, Rusdi Dewanto. Kemudian penyerahan sebanyak 309 kartu Kepesertaan oleh Kepala Cabang Tojo Una-Una, Salfiah Latuhihin kepada Bupati Mohammad Lahay.

Ia menyampaikan, kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini diberikan pada 309 peserta STQH ke-XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Tojo Una-Una. “Hal ini dia lakukan untuk memberikan jaminan kesehatan dan jaminan kematian bagi para peserta STQH selama kegiatan berlangsung di Kabupaten Touna,” ucapnya.

Sementara, Ketua Umum Panitia STQH ke-XXVII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, yang juga Sekretaris Daerah Pemkab Tojo Una-Una, Dr. Sovianur Kure menyampaikan, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan membantu suksesnya pelaksanaan pembukaan STQH tahun 2023 di Touna. “Alhamdulillah pembukaan STQH ke-XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Tojo Una-Una berjalan lancar, aman dan meriah,” katanya.

“Hal ini berkat dukungan dari TNI-, instansi terkait serta seluruh stakeholder dan masyarakat setempat,” tambah mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Touna, Dr. Sovianur Kure.

Dikatakannya, ada beberapa pelajaran penting yang dapat dipetik dari perhelatan besar kali ini. Pertama, kita perlu bangun kebersamaan, antara pemerintah baik itu di level provinsi maupun kabupaten/kota, LPTQ dan Kementerian Agama harus saling bersinergi dan menjalin kerjasama yang baik. Karena dalam perhelatan ini untuk menanamkan -nilai agama. “Semangat persaudaraan, persatuan dan kerukunan tetap dijalin dengan baik selama kegiatan hingga akhir penutupan nantinya,” harap Sovianur Kure.

Tampak hadir pada pembukaan itu, Bupati Tojo Una-Una Mohmmad Lahay, Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu, Kapolres Touna AKBP S. Sophian, Kajari Touna Suwirjo, Ketua PKK Touna Ny. Femmy Luther Lahay, Wali Kota , Kepala Badan/Dinas, pimpinan dan anggota DPRD, serta unsur Forkompimda masing-masing Kabupaten/Kota dan Provinsi Sulawesi Tengah.
Terpantau, puluhan ribu warga padati lapangan Alun-Alun STQ Kota Bumi Mas pada pembukaan STQH Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Una-Una. BD