RAYA – Dusun III Tompo, Desa Sibalago, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong diterjang , Ahad (23/6/2024).

Banjir lantas meluluhlantakkan dusun itu. Salah seorang warga dusun III Tompo, yang enggan namanya dimediakan, mengatakan, di dusun tersebut bahkan sejumlah rumah telah hanyut diterjang banjir bandang yang katanya terjadi sekira pukul 05.00 WITA.

Berdasarkan laporan yag dirilis Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah () Kabupaten Parigi Moutong, bencana itu bukan hanya menerjang desa Sibalago, tetapi juga desa Sienjo.

“Hujan dengan intesitas sedang hingga lebat di Kecamatan Toribulu menyebabkan banjir di sungai toribulu. Akibatnya terjadi banjir bandang di Desa Sibalago dan banjir di perumahan nelayan desa Sienjo akibat bertemunya air laut pasang dan banjir yang meluap dari sungai toribulu,” tulis keterangan itu.

Saat ini, berdasarkan keterangan tersebut, kondisi banjir telah surut. Namun, dua korban hanyut akibat banjir belum ditemukan, satu korbannya lagi, telah ditemukan.

“Iya, ada warga mengungsi di atas, akses jalan terputus ke desa Sibalago, mereka mengungsi di balai desa. Kebutuhan makan siap saji, air mimun, pakaian layak pakai, kebutuhan untuk bayi dan balita, dan juga penanganan medis,” kata Rahman, pihak Pusdalops BPBD Parigi Moutong saat dikonfirmasi Sulteng Raya. RHT