RAYA- Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan membangun kemitraan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Sulawesi Tengah.

Kemitraan tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan oleh Ketua STIA Pembangunan Palu, Dr. H. Nasir Mangngasing, M.Si dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Sulawesi Tengah Drs. I Nyoman Sriadijaya, MM yang diwakili oleh Sekretaris Dispersip Sulawesi Tengah, Keong Makalalag.

Penandatanganan MoU tersebut dilangsungkan di ruang kerja Ketua STIA Pembangunan Palu, Jumat (21/6/2024), turut dihadiri dari Dispersip Sulawesi Tengah Kabid P3M, Muh Idham Khalid, sementara dari STIA Pembangunan Palu diantaranya Ketua I, Dr. Fachrul Reza, S.I.P., M.A.P, Ketua II Filo Leomado Tinggogoy, SE., M.Si, dan Kepala Perpustakaan STIA Pembangunan Palu.

Tujuan MoU tersebut kata Nasir Mangngasing adalah sebagai landasan melakukan kerjasama dalam rangka meningkatkan hubungan kelembagaan guna melaksanakan kegiatan pelayanan, pengembangan, dan pembinaan untuk mewujudkan pelayanan perpustakaan yang prefesional.

“Ini sebenarnya (MoU) sebagai pintu masuk agar  Dispersip Sulawesi Tengah dapat melakukan pembinaan dan pengembangan manajemen di Perpustakaan STIA Pembangunan Palu, termasuk pengembangan SDM Staf yang ada di Perpustakaan kita,”sebut Nasir.

Selain itu sebut Nasir,  Dispersip Sulawesi Tengah juga akan menyediakan koleksi bahan bacaan, memberikan pendampingan dalam pengembangan aplikasi sistem menejemen perpustaan STIA Pembangunan Palu, juga menyediakan standar dan pedoman teknis penyelenggaraan perpustakaan.

Mengingat kata Nasir, hingga saat ini perpustaan yang dimiliki kampus yang beralamat di Jalan Nuri Palu itu hingga kini belum mengantongi akreditasi, dengan harapan melalui MoU itu menjadi pintu masuk Dispersip Sulawesi Tengah melakukan pembinaan dan pengembangan manajemen di perpustakaan itu, sehingga Perpustakaan STIA Pembangunan Palu dapat memenuhi semua syarat yang dipersyaratan dalam akreditasi perpustakaan.

“Arahnya tentu kita menginginkan Perpustakaan STIA Pembangunan Palu bisa mengantongi akreditasi, selain tentunya dapat memenuhi kebutuhan bacaan semua sivitas akademika yang ada di kampus ini,”jelas Nasir. ENG