RAYA – Bakal calon bupati Parigi Moutong, M. akan menganggarkan Rp5 miliar tiap kecamatan jika terpilih menjadi bupati pada Pilkada 2024. Anggaran itu untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Pelayanan publik seperti pembuatan cukup di kecamatan saja, tidak perlu jauh-jauh di ibu kota kabupaten, karena Parigi Moutong ini sangat luas. Nanti tinggal alatnya yang diadakan sesuai UU adminduk,kemudian orang-orang capil kita tempatkan di kecamatan,” kata Nizar Rahmatu saat ditemui media ini usai melakukan Fit and proper test di PKB, Selasa (14/5/2024) pekan lalu.

Anggaran Rp5 miliar itu, bisa juga digunakan untuk pengembangan Usaha , Kecil dan Menegah () serta untuk dana kebencanaan.

Selain program Rp5 miliar untuk kecamatan,  Ketua Sulteng ini juga memiliki program pengembangan sekolah vokasi untuk melatih anak-anak SMK agar memiliki keahlian sesuai kebutuhan zaman. Salah satu jurusan yang perlu disiapkan adalah SMK yang menyediakan jurusan operator alat berat.

“Sulteng ini primadona , tentu kita perlu siapkan tenaga sumber daya manusia.  Kita harus  menyediakan jurusan operator alat-alat berat.  Kemudian operator alat-alat pertanian, itu juga akan kita siapkan, alat-alat pertanian sekarang sudah canggih,”jelasnya.

Nizar Rahmatu telah melakukan pendaftaran di sejumlah partai politik, diantaranya PKB, ,, , Hanura, PDI Perjuangan, Gerindra dan partai-partai lain yang membuka penjaringan kepala daerah. *WAN