RAYA-Gedung MAN 2 Banggai yang terletak di Desa Padangon Kecamatan Masama siap difungsikan.  Gedung kelas baru yang dibangun dengan menggunakan pembiayaan Surat Syariah Negara (SBSN) Tahun Anggaran 2023, diresmikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama () Sulteng Ulyas Taha, Selasa (7/5/2024).

Gedung ini merupakan gedung SBSN kedua yang dikelola Kanwil Kemenag Sulteng tahun anggaran 2023. Sehari sebelumnya Kakanwil pun telah meresmikan gedung MTsN 2 Tojo Una Una. Masih ada tiga gedung lagi dari lima gedung yang akan diresmikan tahun ini, yaitu; MTsN 2 Banggai Kepulauan di Bulagi, MTsN 3 Damsol, dan MTsN 4 Parigi Moutong di Lambunu.

Sejak 2016, sebanyak 16 madrasah di Sulteng mendapatkan dana SBSN untuk pembangunan gedung. Sekalipun tidak keseluruhan gedung madrasah yang dibangun, karena disesuaikan pada kebutuhan madrasah, seperti Gedung RKB, Mess Guru, Asrama Siswa, Ruang Teori, Gedung Laboratorium, dan Gedung Perpustakaan. Tahun 2024 ini, ada tiga madrasah yang gedungnya masih dalam proses pembangunan.

Menurut Kakanwil Ulyas, cukup banyak madrasah di seluruh Indonesia yang mendapatkan bantuan dana SBSN. Hal ini sebagaimana misi Menteri Agama yang ingin wajah madrasah nampak asri di tengah masyarakat.

“Kita bersyukur pemerintah telah memberikan sarana bangunan untuk anak-anak kita di Kecamatan Masama melalui pembangunan 6 ruang kelas baru di MAN 2 Banggai menggunakan dana SBSN,” tutur Kakanwil.

Kakanwil menjelaskan, madrasah sudah menjadi lembaga pendidikan yang digandrungi masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya, karena tidak bisa dipungkiri pendidikan di madrasah memadukan ilmu pengetahuan dan teknologi juga ilmu agama.

“Maka sudah kewajiban kami menyiapkan fasilitas yang memadai, salah satunya adalah membangun ruang kelas baru melalui dana SBSN ini,” lanjutnya.

Kakanwil berpesan kepada guru dan tenaga kependidikan di MAN 2 Banggai seiring dengan perbaikan sarana, maka madrasah tidak boleh sekadar menampilkan kehadiran fisiknya saja di tengah masyarakat. Tanggung jawab besar juga dipikul agar anak-anak yang lulus dari madrasah bisa memenuhi orang tua dan walinya masing-masing.

“Guru janganlah hanya sekadar mengajar tetapi juga harus mendidik. Mendidik adalah tugas paling menantang di madrasah. Semoga dengan berdirinya gedung baru di MAN 2 Banggai ini bisa diimbangi dengan lahirnya insan-insan madrasah yang sesuai dengan harapan orang tua dan masyarakat,” tutur Kakanwil.

Kakanwil menegaskan bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Olehnya ia berpesan agar adanya bangunan gedung baru di MAN 2 Banggai ini untuk dijaga bersama dengan seluruh fasilitas yang juga ada di dalamnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Banggai yang diwakili Staf Ahli Bidang dan Keuangan Bupati Banggai, Amin Jumail, menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Banggai dalam memajukan sektor pendidikan.

“Pemerintah Kabupaten Banggai selalu berupaya melakukan pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, termasuk pendidikan sebagai indikator pembangunan manusia yang berkualitas. Adanya gedung SBSN yang hari ini diresmikan tentu saja juga merupakan bagian dari pembangunan tersebut dan kami sangat mendukung hal ini,” sebut Staf Ahli.

Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Banggai, Suardi Kandjai, menyampaikan ucapan syukurnya atas bantuan SBSN yang diterima.

“Insya Allah bantuan yang berharga ini akan kami jaga dan kembangkan sebagai salah satu penopang kemaslahatan Kabupaten Banggai di masa yang akan datang,” ujar Kakankemenag.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak anak-anak di wilayah Kecamatan Masama, setelah tamat SMP atau MTs bisa melanjutkan pendidikannya di MAN 2 Banggai.

“Tidak perlu lagi pergi jauh untuk melanjutkan sekolah. Sarana sudah disiapkan oleh pemerintah di sini, marilah kita gunakan,” ajaknya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kakanwil Ulyas bersama Staf Ahli Bupati Banggai Amin. Acara dirangkaikan dengan pelepasan 71 siswa kelas XII MAN 2 Banggai dan simulasi penerimaan siswa baru.

Turut hadir Kapolsek Lamala, Danramil Lamala, jajaran Kantor Kemenag Kabupaten Banggai, dan tim kerja bidang pendidikan madrasah Kanwil Kemenag Sulteng.*ENG