RAYA – Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Banggai memeriksa para peserta seleksi masuk anggota , yaitu pemeriksaan administrasi awal penerimaan calon Taruna-Taruni Akpol Tahun Anggaran 2024 di aula Rupatama Mapolres Banggai, Jumat (19/4/2024).

Usai pemeriksaan itu, Kabag SDM Polres Banggai, AKP Zaenudin mengatakan, pemeriksaan ini meliputi, ijazah, Akta Kelahiran, , postur tubuh, berat badan maupun tinggi badan.

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kelengkapan serta persyaratan awal seleksi di tingkat Polres,” kata Zaenudin.

Pemeriksaan itu lanjutnya, melibatkan pihak eksternal untuk mengetahui keabsahan administrasi lebih lanjut, karena pihak eksternal yang mengetahui persis keaslian berkas yang diajukan oleh tiap-tiap peserta seleksi.

“Kami melibatkan berbagai pihak, mulai dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banggai, Disdukcapil, LSM, wartawan serta Tim Panitia Polri dari Polres,” terangnya.

Menurutnya, yang sudah terverifikasi panitia penerimaan tingkat Polres Banggai, Akpol sebanyak 19 peserta, masing -masing calon Taruna 17 orang dan 2 calon Taruni. Peserta yang dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti tes di tingkat selanjutnya di .

“Animo mereka cukup bagus karena pihak Polres Banggai mensosialisasikan ke sejumlah sekolah setingkat SMA sederajat,” kata Zaenudin.*/MAN