RAYA – Tenaga Ahli Gubernur Sulteng, M Ridha Saleh menggagas Program Bakti Ridha Ramadhan (BRR) yang bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada warga di wilayah pinggiran kota .

Program BRR yang dilaksanakan selama bulan Suci Ramadhan ini menyasar 15 -masjid kecil yang ada di pinggiran , diantaranya Masjid di Uwentumbu, masjid Baiya Palu Utara, Masjid Salena Bolonggima Buluri, Masjid di Kintabaru Pengavu, Masjid di Petobo, Masjid Tagari Lonjo, Masjid Padanjese, Masjid Watusampu Atas serta sejumlah masjid lainnya di pinggiran Kota Palu.

“Kegiatan ini akan melibatkan 15 da'i muda dan kawan-kawan inovator muda Kota Palu. Kami telah melakukan survey dan komunikasi dengan pengurus masjid dan orang tua masing-masing di lingkungan masjid, alhamdulillah responnya baik,”ungkap, M Ridha Saleh, Kamis (28/3/2024).

Menurut Ridha Saleh, jenis kegiatan yang akan dilaksanakan pada program BRR adalah pesantren kilat dengan durasi 10 hari, dilaksanakan antara shalat dzuhur dan ashar serta dipandu oleh sejumlah da'i muda. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan itu, diantaranya Dinul Islam, Tahsin dan Akhlakul Karimah.

“Prinsipnya, dengan materi ini, diharapkan menambah kemampuan membaca alquran, pemahaman dasar keagamaan serta perubahan etika,”jelas Ridha Saleh.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjangkau lebih banyak anak-anak. Kalau tahun lalu 400 anak, tahun ini target kita 800 anak. Semoga program ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi warga, Aamiin,”kata Ridha Saleh menambahkan.

Sementara itu, Kordinator Program BRR, Ustad Hasanudin  mengatakan bahwa, kegiatan positif seperti ini sangat penting di masyarakat.  Kata dia, penguatan keagamaan harus menjadi perhatian semua pihak, karena masalah tersebut adalah inti dari ajaran agama dan kebutuhan kita di dalam beribadah dan bermasyarakat.

Senada dengan itu, Ketua Inovator Muda Kota Palu, Abdul Rahman menjelaskan bahwa program BRR sudah didiskusikan secara rutin dengan inisiator M Ridha Saleh. Pihaknya  juga telah melakukan survey ke tempat-tempat yang menjadi sasaran.

Kagiatan BRR sendiri  diluncurkan di Masjid Watusampu Atas dan dirangkaikan dengan peringatan malam Nuzulul Quran. *WAN