RAYA- Universitas Muhammadiyah () kembali memperluas jaringan kemitraan dengan perguruan tinggi di luar Sulawesi, kali ini dengan salah satu perguruan tinggi dari Pulau Bali, Universitas Dhyana Pura.

Kemitraan itu diwujudkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua pihak, Unismuh Palu diwakili langsung Rektor, Prof. Dr. H. , SE., MM sementara pihak Universitas Dhyana Pura Bali diwakili oleh Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, S.E., MA selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Pemasaran.

Penandatanganan MoU itu dilangsungkan di Ruang Kerja Rektor Unismuh Palu, Rabu (21/2/2024), disaksikan sejumlah pejabat dari kedua Perguruan Tingg ini.

Kemitraan yang dibangun itu berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian. Termasuk di dalamnya pertukaran dan pertukaran dosen untuk mengajar.

Dalam kesempatan itu, pihak Universitas Dhyana Pura Bali juga menawarkan kepada Unismuh Palu untuk memperkenalkan kampus biru ke mitra-mitra mereka yang ada di luar negeri. Mengingat kampus ini memiliki segudang pengalaman terkait bagaimana cara membangun kemitraan dengan pihak luar negeri.

“Nota Kesepahaman ini akan menjadi wadah untuk saling bersinergi dan berkolaborasi untuk maju dan berkembang secara bersama-sama,”ujar Dr. I Wayan.

Prof Rajindra, mengucapkan terimakasih atas kunjungan para perwakilan Universitas Dhyana Pura Bali ke kampus biru sekaligus ajakan untuk membangun kemitraan.

Dengan harapan, kerjasama tersebut akan memberikan tambah kepada kedua perguruan tinggi ini, karena setiap perguruan tinggi dituntut untuk membangun jaringan dan kemitraan dengan institusi lain sebagaimanan tuntutan MBKM.

“Sudah tidak ada perguruan tinggi yang tidak memiliki kerjasama dengan pihak lain, semua harus bisa berkolaborasi baik sesama perguruan tinggi maupun institusi lain.  Makanya kami sangat berterimakasih kepada teman-teman dari Universitas Dhyana Pura Bali, sudah berkunjung sekaligus mambangun kerjasama dengan kami, semoga ini bisa menjadi berkah untuk kedua perguruan tinggi ini,”sebut Prof Rajindra.

Di tempat terpisah, Wakil Rektor I Unismuh Palu, Sudirman, S.KM., M.Kes mengatakan, terdapat beberapa prodi yang bisa segera ditindak lanjuti seperti bidang kesehatan, manajemen dan bisnis, serta Informatika.

Ketiga prodi itu katanya kebetulan juga ada di Universitas Dhyana Pura Bali, sehingga dalam waktu dekat itu bisa segera ditindak lanjuti dalam hal pertukaran mahasiswa. “Di tahun ini, itu bisa kita realisasikan, karena kebetulan prodi itu juga ada di sana,”sebutnya.

Bukan hanya itu, Unismuh Palu juga dalam waktu dekat akan menjadwalkan untuk program coaching clinic proposal penelitian dan pengabdian dengan menghadirkan pemateri dari  Universitas Dhyana Pura Bali.

Kebetulan mintra baru ini memiliki pengalaman dan pengetahuan terkait penulisan proposal penelitian dan pengabdian yang berkualitas. “Sebenarnya kami sudah diikutkan mengikuti  coaching clinic proposal di salah satu perguruan tinggi swasta di Palu, pematerinya itu dari teman-teman Universitas Dhyana Pura Bali, tapi kami akan menjadwalkan sendiri untuk khusus teman-teman dosen Unismuh Palu,”sebutnya.

Katanya, hal itu bagian dari komitmen kemitraan yang dibangun dari kedua perguruan tinggi tersebut, untuk saling mendukung dan berkolaborasi. ENG