RAYA – Parigi Moutong () menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Logistik dan Pengamanan TPS Pemilu Tahun 2024 di lapangan Mako Polres Parmout, Senin (5/2/2024).

Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan yang terdiri dari unsur TNI, , OPD Terkait, dan linmas serta pemeriksaan perlengkapan pengamanan Pemilu oleh Kapolres Parmout, Jovan Reagan Sumual, Parmout, Richard Arnaldo, Kepala Dinas Perhubungan, Unsur Forkopimda dan seluruh pejabat utama Polres Parmout.

Kapolres Parmout, Jovan Reagan Sumual yang bertindak sebagai pemimpin apel, dalam arahannya menyampaikan apel pelepasan pasukan pengamanan TPS dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Polres Parmout dan jajarannya yang didukung oleh , TNI, linmas serta instansi terkait lainnya telah siap mengamankan pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Parmout.

Dikatakannya, untuk menunjang pelaksanaan pengamanan TPS yang berjumlah 1.360 TPS dengan klasifikasi tingkat kerawanan yang berbeda-beda, sehingga Polres Parmout melibatkan kekuatan sebanyak 3.304 personil, yang terdiri dari 474 Personil Polres Parmout, BKO Polda Sulteng 100 personil, TNI 10 personil dan ditambah kekuatan dari linmas 2.720 personil.

“Tentunya kita semua berharap pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar, dan sehat serta sesuai dengan azas Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil,” ujarnya.

Kapolres menekankan kepada seluruh petugas pengamanan TPS agar melaksanakan hal-hal sebagai berikut yakni petugas PAM TPS sudah berada di lokasi TPS satu hari sebelum pemungutan suara berlangsung untuk beradaptasi dengan masyarakat dan lingkungan serta melaksanakan deteksi terhadap perkiraan ancaman. Melakukan peninjauan dan pengecekan lokasi TPS, kenali lingkungan sekitar lokasi TPS serta mapping route yang akan dilalui kotak suara dari PPK ke PPS serta ke TPS dan dari TPS kembali ke PPS dan PPK.