RAYA- Badan Nasional () Kabupaten kembali melaksanakan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan sekolah, kali ini menyasar SMP LPPKD  Tolongano Banawa Selatan, Kabupaten Donggala, Kamis (25 /1/ 2024).

Dalam sosialisasi tersebut menghadirkan 35 peserta terdiri dari peserta didik dan tenaga pengajar di sekolah itu, dengan tujuan memberikan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan  narkoba.

Markus, S.Kep.,Ns., Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Kabupaten Donggala, menjadi narasumber tunggal di kegiatan itu. Materi yang dipaparkannya melibatkan pengertian narkoba, jenis-jenisnya, faktor penyebab penyalahgunaan, tanda dan gejala, serta dampak yang mungkin timbul dari penyalahgunaan narkoba.

Peserta nampak aktif mengikuti pemaparan materi dengan menimba pengetahuan lebih lanjut tentang narkoba. Markus, sebagai narasumber, tidak hanya menyajikan secara teoritis, tetapi juga memberikan contoh kasus nyata untuk meningkatkan pemahaman peserta.

Selain itu, kegiatan ini menjadi platform interaktif yang memungkinkan peserta didik dan tenaga pengajar untuk berbagi pengalaman dan pandangan mereka terkait isu narkoba. Diskusi berlangsung dengan semangat, menciptakan atmosfer yang mendukung dalam menyebarkan pesan pencegahan.

Acara tidak hanya fokus pada aspek negatif narkoba, tetapi juga menekankan pentingnya keputusan bijak dalam menjalani kehidupan tanpa keterlibatan narkoba.

Sesi berlanjut dengan memberikan tips kepada peserta tentang cara menolak dan menghindari godaan jika ada orang atau teman yang mencoba membujuk untuk menyalahgunakan narkoba.

Sosialisasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab, memungkinkan peserta untuk berinteraksi langsung dengan narasumber, meningkatkan pemahaman mereka terkait bahaya narkoba. ENG