SULTENG RAYA – Menyambut momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (NARU) dengan #SemarakSemangat, menghadirkan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan melalui kesiapan infrastruktur jaringan broadband terdepan dan terluas, ketersediaan produk dan layanan bernilai tambah, serta berbagi harapan dengan mereka yang membutuhkan melalui program Corporate Social Responsibility () yang inklusif dan berkelanjutan.

Selama momen perayaan NARU 2023/2024, khusus di Telkomsel Regional Sulawesi memproyeksikan akan terjadi lonjakan trafik broadband hingga sebesar 16,2% dibandingkan dengan hari biasa, atau 16,8% dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya. Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada puncaknya akan mencapai 5,88 Petabyte.

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Sulawesi Muhammad Idham Kadir mengatakan, Telkomsel berkomitmen hadir bersiaga mendampingi para pelanggan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru dengan penuh sukacita, melalui kesiapan jaringan broadband terdepan dan terluas, ketersediaan ragam produk dan layanan bernilai tambah, serta program CSR untuk berbagi dengan sesama.

“Terinspirasi oleh semangat bhinneka tunggal ika, kami terus berupaya menghubungkan setiap sudut negeri, menghadirkan terobosan, dan menyalakan semangat berbagi harapan dengan #SemarakSemangat di momen selebrasi NARU kali ini. Mari kita rayakan peluang dan harapan baru akan masa depan yang lebih cerah, bersama-sama terus melaju untuk kemajuan bangsa,” katanya.

Kesiapan Jaringan Broadband Terdepan dan Terluas dengan Lebih dari 763 BTS

Untuk mendukung kenyamanan pengalaman digital pelanggan di seluruh Indonesia selama periode NARU ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di 25 lokasi khusus, yang terdiri dari 3 area residensial dan 22 area spesial (mall, alun-alun, pusat keramaian).

Optimalisasi tersebut di antaranya dilakukan dengan melakukan peningkatan kapasitas 3 unit BTS 4G/LTE, penambahan 15 unit BTS 4G/LTE baru, penambahan 4 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan 2 iMacro, sehingga menggenapi lebih 7.006 site dan 33.836 BTS 2G, 4G dan 5G yang tersebar di Regional Sulawesi dengan jangkauan hingga 91,84 persen wilayah populasi. Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 1440 Gbps dan kapasitas IX ( Experience) hingga 1400 Gbps.

Guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, Telkomsel pun telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar pertama yang mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia, memberikan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara dan otomatis.

Selama periode 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, Telkomsel terus memastikan kesiapan jaringan dan memantau pergerakan trafik broadband melalui 8 Posko Siaga Jaringan, yang di antaranya termasuk posko bersama TelkomGroup dan mitra. Di samping itu, Telkomsel pun telah mengoptimalkan layanan VoLTE (Voice over LTE) yang kini telah tersedia di 91 kota/kabupaten di seluruh wilayah Regional Sulawesi dan dapat digunakan oleh hingga 347 tipe smartphone dari 14 .*/HJ