RAYA – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka membuka Festival Mombowa Tumpe tahun 2023, di lapangan Karya Tolando, Kelurahan Tolando, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan yang mengusung tema, Batui Mosa'angu membangun Harmonisasi Budaya Melalui Kolektifitas Kearifan Lokal yang Inovatif, itu dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Banggai H.Furqanuddin Masulili, Sekkab Banggai, para unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli, Staf khusus Bupati, para pimpinan perangkat daerah, Bosanyo Batui, Ketua Lembaga Masyarakat Adat Batui, Camat Batui, Forkopimcam Batui, Camat se-Kabupaten Banggai dan para pimpinan perusahaan.

Dalam sambutan singkatnya Bupati Banggai mengatakan, acara Mombowa Tumpe ini akan dijadikan menjadi acara nasional. Jadi kepada seluruh masyarakat Batui pada tanggal 2 Desember 2023 Menteri Pariwisata RI akan hadir dalam rangka acara puncak Festival Mombowa Tumpe.

“Saya berharap, agar seluruh masyarakat Batui, saling bahu-membahu memberikan yang secara rapi sehingga acara Mombowa Tumpe akan ditetapkan sebagai kegiatan nasional pada tahun 2024 mendatang,” terang Bupati.

Tampak terlihat stand-stand yang akan menampilkan produk-produk unggulan dari setiap desa yang ada di Kabupaten Banggai. Hal itu cukup memacu pertumbuhan ekonomi yang ada di daerah itu. */MAN