RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili membuka secara resmi kegiatan fasilitasi pendampingan dan pembinaan Kabupaten Layak Anak (KLA), diselenggarakan oleh Dinas dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), di salah satu hotel di Kota Luwuk, Rabu (22/11/2023).

Dalam sambutannya Wabup Banggai sangat mengapresiasi serta kepada pihak penyelenggara dan peserta, karena kegiatan ini merupakan hal yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan KLA. Karena setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dan dilindungi oleh undang-undang, serta negara menjamin perlindungan dan keselamatan warganya untuk memperoleh hak dan memenuhi kewajibannya sebagai warga negara.

“Kebijakan KLA adalah sistem pembangunan suatu wilayah administrasi yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah dan dunia usaha dalam rangka memenuhi hak-hak anak yang terencana, menyeluruh dan berkelanjutan melalui pengharusutamaan hak-hak anak,” kata Wabup.

Ia berharap, dengan adanya program KLA ini dapat menciptakan keluarga yang sayang anak, kelurahan layak anak, kecamatan dan kabupaten layak anak sebagai prasyarat untuk memastikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik, terlindungi haknya dan terpenuhi kebutuhan fisik dan psikisnya.

“Olehnya itu dinas terkait harus melaksanakan koordinasi dengan seluruh anggota gugus tugas KLA di Kabupaten Banggai, agar semakin terarah, terencana dan berkesinambungan. Sehingga akan semakin meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam mempercepat perkembangan KLA,” tuturnya.

Ia juga berharap, agar seluruh komponen di Kabupaten Banggai ikut serta mensukseskan Banggai sebagai KLA, karena anak tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan hidup bagi sebuah bangsa dan negara. Untul itu anak harus mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosialnya. */MAN