SULTENG RAYA – Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu membuka kegiatan pelatihan wasit, pelatih bola voli  dan pelatih sepak bola bertempat di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Jumat (22/9/2023).

Dalam sambutannya Samsurizal minta kepada para peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan dengan serius, mengingat hal ini sangat penting demi menjadi wasit dan pelatih yang profesional.

Untuk wasit dan pelatih bola voli kata Samsurizal, dirinya sudah menyurat kepada Ketua Pusat dan PBVSI Pusat agar wasit dan pelatih bola voli yang mengikuti kegiatan tersebut disetujui untuk melanjutkan ke pelatihan tingkat nasional.

“Untuk pelatihan wasit dan pelatih bola voli yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan sertifikat dari provinsi. Saya tinggal menunggu jawaban surat dari pusat, kalau sudah turun suratnya dilanjutkan dengan pelatihan nasional Lisensi D, dan saya akan mengutus yang benar-benar aktif saat dia mengikuti pelatihan,”ujarnya.

Kegiatan pelatihan wasit dan pelatih bola voli dilaksanakan selama tiga hari yakni 24-26 September 2023 di Parigi.

Sedangkan untuk pelatihan pelatih sepakbola untuk mendapatkan lisensi D bagi guru olahraga saat ini, jika lulus kata Samsurizal akan digabungkan dengan para wasit dan pelatih sepakbola  yang aktif dan telah mendapatkan lisensi D yang digelar di Tinombo untuk direkomendasikan ke lisensi C.

Selain itu kata Samsurizal, pelatihan pelatih sepakbola bagi guru olahraga disiapkan untuk kegiatan guru olahraga tingkat nasional yang pertama kali digelar di Kabupaten Parigi Moutong tahun 2024.

Pelatiahan bagi pelatih sepakbola akan digelar selama seminggu bertempat di Kecamatan Tinombo.

Sebagai Narasumber untuk pelatihan wasit dan pelatih bola voli berasal dari PBVSI Provinsi Sulawesi Tengah, sedang untuk pelatihan pelatih sepakbola bagi guru olahraga lisensi D menghadirkan narasumber pelatih sepakbola nasional Hanafing dan pelatih sepakbola Provinsi Sulawesi Tengah Budi Aswin. */AJI