SULTENG RAYA – Rektor Universitas Muhammadiyah () , Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM, mengungkapkan pandangannya tentang pentingnya karakter mahasiswa dalam pendidikan tinggi. Meskipun nilai atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memiliki peran penting dalam bidang akademik, Prof. Rajindra menekankan bahwa karakter juga memiliki nilai yang tak kalah penting.

Untuk itu kata Prof. Rajindra, Unismuh Palu berkomitmen untuk memberikan bekal kepada para alumninya yang mencakup aspek moral spiritual, intelektual, dan peran sosial. “Kami tidak hanya fokus pada pencapaian akademik mahasiswa kami, tetapi juga berusaha keras untuk membentuk pribadi yang berkarakter kuat dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat,”sebutnya, Ahad (17/9/2023).

Universitas ini telah berdedikasi untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki kepedulian sosial dan etika yang kuat. Dalam konteks ini, Prof. Rajindra menyoroti upaya Unismuh Palu dalam memfasilitasi pengembangan karakter mahasiswa melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, pelatihan, dan program khusus.

“Kami percaya bahwa mahasiswa yang memiliki karakter yang baik akan mampu menghadapi tantangan dalam kehidupan setelah lulus dengan lebih baik. Mereka akan menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan memberikan dampak positif dalam masyarakat,” tambah Prof. Rajindra.

Katanya, Unismuh Palu terus berupaya untuk menjaga keseimbangan antara pencapaian akademik dan pengembangan karakter mahasiswa, sehingga mereka siap untuk menghadapi dunia nyata dengan keyakinan diri dan moral yang kokoh. Salah satu inisiatif penting yang telah dilakukan oleh universitas ini adalah integrasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum pendidikan.

Selain itu, Unismuh Palu juga memberikan perhatian khusus pada aspek moral dan etika dalam kehidupan kampus. Ini mencakup pembinaan karakter melalui program-program pengembangan diri, termasuk di dalamnya melalui Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) yang mengajarkan nilai-nilai seperti integritas, kerjasama, kepemimpinan, dan tanggung jawab.

Selain fokus pada aspek akademik dan karakter, Unismuh Palu juga menekankan peran mahasiswa dalam memberikan dampak positif dalam masyarakat. Mahasiswa didorong untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan yang bermanfaat. Ini termasuk program-program sukarela, kampanye sosial, dan proyek-proyek yang berkontribusi pada kesejahteraan komunitas lokal, seperti yang dilakukan saat jika terjadi bencana alam ataupun bencana non alam.

“Kami ingin melatih mahasiswa kami untuk menjadi individu yang bukan hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga peduli pada dunia di sekitar mereka. Kami percaya bahwa ini adalah langkah penting dalam membentuk pemimpin masa depan yang peduli, beretika, dan berkomitmen pada perubahan positif,”sebut Prof Rajindra.

Seiring berjalannya waktu, Unismuh Palu terus berinovasi dalam mengembangkan program-program yang memperkuat karakter mahasiswa. Hal ini mencakup peningkatan infrastruktur kampus, fasilitas olahraga, dan perpustakaan yang lebih baik, yang semuanya bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan karakter yang positif. ENG