RAYA – Pemerintah segera melaksanakan pembangunan kembali alias revitalisasi Pasar Tavanjuka, di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga.
“Rencananya, Pemerintah Kota akan melakukan perbaikan di tahun ini, tapi paling lambat tahun 2024 mendatang perbaikan sudah dilakukan, dalam mendorong Pasar Tavanjuka bisa lebih baik,” kata Wali , , didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Palu, Zulkifli, saat meninjau kondisi terkini Pasar Tavanjuka, Rabu (21/6/2023).
Menurutnya, Pasar Tavanjuka memang sunyi sejak 10 tahun lalu bahkan nyaris 12 tahun. Karena begitu pasar dibuka, sekitar tiga sampai enam bulan langsung terjadi penurunan pengunjung.
“Padahal Pemerintah Kota Palu berharap adanya Pasar Tavanjuka ini bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat di wilayah sisi sebelah selatan Kota Palu, khususnya di Kecamatan Palu Selatan dan Tatanga,” ucapnya.
Ia berharap, direnovasinya Pasar Tavanjuka, bisa aktif kembali, sehingga barang bisa tersuplai dengan baik dan ketersediaan barang di pasar juga baik.
“Dengan aktifnya pasar ini, bisa membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas harga, tapi sangat disayangkan memang, pasar ini sepi dari pengunjung,” ungkap wali kota.

DICANANGKAN JADI PASAR BUAH
Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu mencanangkan revitalisasi Pasar Tavanjuka di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga, menjadi pasar buah untuk menumbuhkan perekonomian di daerah itu.
“Kami juga akan memperbaiki pasar lain, yaitu Pasar Tavanjuka yang akan dijadikan sebagai pasar buah,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Palu, Zulkifli, Rabu (21/6/2023).
Ia mengatakan, dengan adanya pasar buah tersebut, warga Kota Palu yang ingin mencari atau membeli buah, nantinya dapat berkunjung ke pasar itu.
Ia menuturkan, akan membangun stan atau lapak bagi para pedagang untuk berjualan buah di pasar tersebut.
Di Pasar Tavanjuka, kata dia, penjual dapat berjualan komoditas lain, tapi sebagian besar penjual di tempat itu akan berjualan buah karena akan difokuskan sebagai pasar buah.
Menurutnya, pembangunan pasar tersebut akan dimulai tahun ini dan ditargetkan untuk selesai tahun 2023 juga.
Zulkifli menuturkan pembangunan revitalisasi Pasar Tavanjuka menjadi pasar buah merupakan bentuk upaya yang dilakukan pemerintah untuk menarik lebih banyak pembeli serta meningkatkan perekonomian di kota itu.
Sementara itu, Eddy, salah seorang pedagang di pasar itu berharap pemerintah dapat memberikan perhatian untuk pasar tersebut karena sepi pengunjung atau pembeli.
Dia mengatakan para pedagang lebih memilih berjualan di halaman pasar karena pembeli yang tidak masuk ke dalam pasar.
“Supaya diperhatikan lagi, supaya lebih rame. Sudah sebelas tahun lebih masih begini terus,” katanya.
Dia berharap pemerintah dapat mengupayakan pasar tersebut dapat ramai dikunjungi pengunjung atau pembeli.ANT/HGA