RAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota , menggelar Lomba Bertutur Tingkat SD/MI dan Lomba Menulis Cerita Pendek (Cerpen) Tingkat SMP/MTs, Kamis (8/6/2023).

“Hari ini (kemarin) pihak Disperpusip , melaksanakan dua lomba secara bersamaan, yakni Lomba Bertutur Tingkat SD/MI dan Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMP/MTs,” kata Kepala Disperpusip Kota Palu, Syamsul Saifudin, saat membuka kegiatan tersebut.

Syamsul, menjelaskan bahwa kedua lomba tersebut hadir untuk mengasah kemampuan bertutur atau bercerita dan kemampuan menulis di kalangan anak.

“Ini tujuannya, untuk melihat sejauh mana literasi di kalangan anak, serta untuk mengasah kemampuan anak dalam bertutur dan juga kemampuan menulis. Bahkan, kami ingin mencari kader-kader yang dapat menulis dan bertutur. Hal ini  untuk nantinya, jika ada ajang lomba tingkat provinsi hingga nasional, kita sudah punya anak-anak yang siap,” jelasnya.

bukan hanya itu, hadirnya lomba bertujuan sebagai salah satu cara Disperpusip Kota Palu mengevaluasi proses pembinaan pada dua kewenangan pembinaan perpustakaan untuk Kota Palu, yakni SD dan SMP.

Kemudian, ia juga mengatakan bahwa lomba kali ini mengalami peningkatan dalam hal jumlah sekolah yang mengikuti, peningkatan yang sangat signifikan itu terjadi pada peserta Lomba Bertutur Tingkat SD/MI yang diikuti oleh 43 siswa dari 43 sekolah.

“Lomba Bertutur Tingkat SD/MI kali ini mengalami peningkatan yang sangat baik dan kami sangat mengapresiasi hal tersebut, sementara untuk lomba menulis juga mengalami peningkatan yang cukup baik berjumlah 30 siswa dari 30 sekolah,” ucapnya.

Olehnya, Disperpusip Kota Palu berharap bahwa dengan adanya lomba-lomba tersebut peningkatan kualitas menulis dan bertutur di kalangan anak muda di Kota Palu semakin baik. ULU