RAYA — Presiden PT Siloam International Hospitals Tbk., (SILO), John Riady, optimistis kerja sama Indonesia Healthcare Corporation (IHC) dan Mayo Clinic, sebuah institusi kesehatan asal Amerika Serikat (AS) bakal menjadikan pelayanan kesehatan di Indonesia makin berkualitas.

Peningkatan kualitas layanan kesehatan menjadi syarat mutlak, sehingga masyarakat tidak lagi berobat ke  ke luar negeri yang mengakibatkan biaya tinggi.

Presiden Joko Widodo () menyatakan, pada 2022, sekitar 600 ribu masyarakat  mengeluarkan dana sebesar US$ 6 miliar atau setara Rp 100 triliun per tahun untuk berobat ke luar negeri.

“Kerja sama yang sangat baik dan patut diapresiasi. Indonesia berhasil menggandeng institusi kesehatan bonafide, seperti Mayo Clinic,” kata John melalui keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Senin (6/2/2023).

Seperti diberitakan,  Rumah Sakit Pusat (RSPP) telah menanda tangani perjanjian  kerja sama dengan Mayo Clinic  pada akhir Januari 2023. Kerja sama ini, lanjut John,  sejalan dengan visi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk memadukan rumah sakit di Indonesia yang memiliki potensi dan kelengkapan infrastruktur  dengan rumah sakit bereputasi internasional di luar negeri.

“Saya  berkeyakinan, kualitas kesehatan itu nomor satu. Sebagai negara berpenduduk 280 juta jiwa,  Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi pengobatan. Sektor ini menjadi fondasi kokoh untuk membangun bidang kesehatan menjadi sumber  pertumbuhan baru ekonomi,” kata John.

Ia mengatakan, untuk jangka panjang diperlukan lebih banyak langkah-langkah nyata pemerintah untuk meningkatkan  kualitas dan institusi pendidikan kesehatan di Indonesia.

 “Kami berterima kasih, pemerintah sangat peduli pada peningkatan mutu kesehatan, ketersediaan sumber daya manusia di bidang kesehatan, dan institusi pendidikan tenaga kesejatan. Dari hulu ke hilir terus diperbaiki. Ini sangat baik. Kami  di , mengelola SILO dan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH),” jelas John.

Di sisi lain, kata John,  salah satu faktor krusial penyebab kualitas kesehatan Indonesia kalah dibandingkan  negara-negara lainnya adalah rasio yang  rendah Berdasarkan  standar WHO rasio dokter spesialis dan jumlah penduduk idealnya 1:1.000. Sedangkan  di Indonesia hanya sekitar  0,46:1.000.

 “Saya yakin,  kerja sama dengan dengan Mayo Clinic  akan menjadi  jump start  untuk menyelesaikan  persoalan mendesak dan krusial,” tegas John.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa rumah sakit di Indonesia harus menjadi  center of excellence (pusat keunggulan), baik di tingkat Asia maupun global. 

 “Kerja sama  Mayo Clinic dan bagian dari Indonesia Healthcare Corporation (IHC) menunjukkan keinginan kuat  pemerintah untuk  mendongkrak kualitas kesehatan masyarakat,” kata Menkes di Jakarta, belum lama ini.

Ia mengatakan, langkah strategis yang ditempuh pemerintah bertujuan untuk  mewujudkan pilar kedua transformasi kesehatan, melalui peningkatan akses pelayanan kesehatan rujukan yang bermutu dan terjangkau bagi  masyarakat.

Mayo Clinic dikenal luas sebagai  pusat kesehatan akademis nirlaba asal Amerika Serikat (AS) yang fokus menyediakan pelayanan, pendidikan, dan riset kesehatan. Berdasarkan  US News & Report's Tahun  2022-2023, Mayo Clinic yang dikategorikan  sebagai  rumah sakit dengan pelayanan nomor wahid di AS,  memiliki keunggulan dalam layanan spesialis diabetes dan endokrinologi,  pulmonologi dan bedah paru, serta urologi.

Selain itu, Mayo Clinic juga diakui memiliki predikat terbaik  untuk pelayanan kardiologi dan operasi jantung. Keunggulan spesialisasi lainnya, Mayo Clinic kerap dijadikan sebagai rujukan perawatan kanker dan neurologi.

Pada bagian lain, John mengusulkan kepada  pemerintah untuk menyelenggarakan program menjaring diaspora sektor kesehatan. Saat ini, banyak warga negara Indonesia (WNI) berstatus sebagai profesional di bidang kesehatan, baik  perawat dokter maupun dokter spesialis yang tinggal di luar negeri.

SILO, lanjutnya,  sebagai salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia juga terus berupaya m​eningkatkan kualitas kesehatan nasional. SILO, lanjutnya, bersedia menyediakan berbagai fasilitas dan  beasiswa kepada para dokter untuk memperoleh keahlian dokter spesialis. RHT