SULTENG RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka didampingi Wakil Bupati (Wabup) Banggai, H. Furqanuddin Masulii bersama unsur Forkopimda melakukan kunjungan pada perayaan tahun baru 2023, di beberapa gereja di Kabupaten Banggai, Ahad (1/1/ 2023).

Kunjungan tersebut, bertujuan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai terhadap umat beragama khususnya umat kristiani dan juga untuk bersilaturahim kepada para pendeta, tokoh agama, serta para jemaat. Gereja-gereja yang dikunjungi diantaranya, Gereja Bukit Zaitun Luwuk, Gereja Bethania BTN Nusagriya, Gereja El Shadai BTN Pepabri, Gereja Kapernaum Pepabri, Gereja Advent Hari Ke-7 dan GPPI Sion. 

“Saya mewakili Pemkab Banggai mengucapkan selamat merayakan Natal tahun 2022. Kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Banggai sejauh ini sudah sangat erat, toleransinya sangat luar biasa. Oleh sebab itu, hal ini harus terus kita jaga dan kita tingkatkan dengan harapan di tahun 2023 kita semua tetap damai baik dalam beraktifitas maupun dalam kehidupan sehari-hati,” kata Bupati mengawali sambutannya.

Semoga di tahun ini kata Bupati, kita semua diberikan kebahagian dan kedamaian sehingga kita semua bisa bersama-sama mewujudkan Kabupaten Banggai maju, dan sejahtera.  “Untuk membantu umat kristiani dalam pembangunan rumah ibadah kami Pemkab Banggai akan memberi bantuan sebesar Rp50.000.000, dan semoga apa yang belum terlaksana di tahun kemarin pada tahun ini dapat terlaksana,” ujarnya.

Sementara, Wabup Banggai menyampaikan, jiwa toleransi antara umat beragama yang ada pada masyarakat Kabupaten Banggai sangatlah besar. Saling menghormati dan menghargai antara satu dan lainnya. “Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat umat Muslim, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha khususnya para jemaat yang telah bersama-sama membantu Pemkab Banggai dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan, kegiatan sosial dan ini harus kita jaga pada tahun 2023 ini,” kata Wabup.

Pada kesempatan itu Wabup mengajak seluruh jemaat, agar selalu semangat dan optimis dalam rangka memperbaiki daerah kita, membangun negeri kita agar semakin baik. Di tahun 2022 Pemda Banggai telah banyak melaksanakan program-program yang tujuan akhirnya adalah untuk mewujudkan kesejahtraan masyarakat.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil dari BPS Kabupaten Banggai termasuk daerah yang penduduk miskinnya berada di tingkat terendah, presentasi kita berada di bawah 10 persen. Masih banyak daerah-daerah yang di atas 10 persen hal ini menunjukan bahwa kita memang punya program-program yang mengarah pada kemaslahatan masyarakat,” jelas Wabup. */MAN