RAYA- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) telah melaksanakan penerimaan raport semester genap sekaligus dirangkaikan dengan gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) tahun pelajaran 2023/2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula MAN IC Palu, Jumat (21/6/2024), turut hadir di kegiatan itu Ketua Komite MAN IC Dr. Muhammad Djamil M. Nur, M.PFis dan juga orang tua peserta didik serta tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di lingkungan MAN IC Palu.

Kepala MAN IC Kota Palu, Hj. Mardiati Rosmah, S. Ag., M. Ag mengucapkan selamat datang kepada para orang tua peserta didik yang sudah berkenan datang memenuhi undangan pihak madrasah untuk menerima raport putra dan putri mereka, sekaligus menyaksikan gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin tahun pelajaran 2023/2024.

Sekalipun tidak sedikit diantara mereka ini (para orang tua peserta didik) berasal dari luar Kota Palu bahkan ada yang berasal dari luar dari Provinsi Sulawesi Tengah. “Tujuan kehadiran para orang tua ini salah satunya adalah untuk bina akrab antara orang tua peserta didik dengan para tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di MAN IC Palu,”sebutnya.

Sekadar diketahui kata Kepala Madrasah, bahwa telah menjadi komitmen di MAN IC Kota Palu jika peserta didiknya bukan hanya dididik pada kecerdasan intelektual namun juga kecerdasan spritualnya. Membangun integritas, kepedulian, dan jiwa kepemimpinan sehingga kelak peserta didik akan keluar menjadi pribadi unggul yang memiliki kemampuan dan kepribadian yang siap berkompetisi dimanapun mereka berada.

Dengan pola seperti itu, maka muncul kemampuan kepemimpinan yang luar biasa, sehingga tidak heran peserta didik di madrasah ini jika menghadapi sebuah masalah, mereka berupaya menyelesaikan masalah itu secara kolektif dan berdiskusi bersama dengan teman-temannya hingga menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Sehubungan dengan itu sebut Kepala Madrasah, P5 PPRA merupakan gambaran dari pelajar Indonesia, pelajar sepanjang hayat sekaligus pembelajaran lintas disiplin ilmu yang sangat penting untuk peserta didik. Ini memberi kesempatan bagi setiap peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Untuk MAN IC Kota Palu sendiri fokus pada dua proyek yakni anti-bullying dan penghijauan. “Ini merupakan hasil proyek semua guru mata pelajaran yang ada di MAN IC Palu. Ditengah kesibukannya sebagai seorang tenaga pendidik masih bisa membimbing peserta didiknya untuk menghasilkan sebuah karya yang luar biasa,”sebut Kepala Madrasah.

Adapun hasil karya tersebut berupa lukisan yang menggunakan ilmu fisika mengikuti gaya Gravitasi, abon ikan, kerajinan tangan berupa vas bunga, tas sulaman, gantungan bunga dan lain- lain.  

Ketua Komite MAN IC Kota Palu Dr. Muhammad Djamil mengapresiasi iklim pendidikan di madrasah ini, karena selain memfokuskan diri pada pendidikan akademik peserta didik juga penguatan pada spiritual peserta didik, bahkan kini ditambah dengan mengasah jiwa kewirausahaan peserta didik melalui P5 PPRA.

“Ini merupakan cara membangun jiwa kewirausahaan bagi anak-anak kita, kita  sebagai orang tua tentu sangat mengapresiasi ini,”sebut Dr. Djamil.

Dikesempatan tersebut, juga dilangsungkan pengumuman hasil sejumlah kompetisi yang dilaksanakan oleh madrasah ini, diantaranya lomba poster anti-bullying, Audisi duta anti buling, Audisi duta bahasa Inggris dan Arab, dan duta moderasi beragama. ENG