Perekat Rakyat Sulteng.

Unisa Palu Perluas Jaringan Kerjasama

0 94

SULTENG RAYA- Setelah Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di sejumlah negara baik itu Timur Tengah (Yaman) dan Asia Timur (Jepang dan Korea), kini mulai menyasar jalian kerjasama dengan perbankan.

Jalinan kerjasama dengan perguruan tinggi di Yaman dan sejumlah lembaga pendidikan di Jepang dan Korea tersebut bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang dimiliki universitas ini, sekaligus untuk membuktikan jika Unisa Palu juga mampu eksis di tingkat pergaulan internasional, sebagai mana perguruan tinggi lainnya di Indonesia seperti Gajah Mada (Yogyakarta) dan Unhas (Makssar).

Baru-baru ini, Unisa Palu menjalin kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Penandatanganan kerja sama dilakukan di sela acara pembukaan Indonesian Islamic University Conference (IIUC). Kerja sama ini ditandatangani oleh Direktur Utama BSM Agus Sudiarto dan Rektor Unisa Palu Dr Hamdan Rampadio.

Kerja sama tersebut meliputi sejumlah layanan yakni antara lain produk dan layanan pembayaran biaya pendidikan mahasiswa, pembiayaan ritel untuk pegawai di lingkungan universitas dan layanan /cash management/. “Selama ini kita sudah kerja sama dengan perguruan tinggi secara sporadis, satu-satu. Malam ini kita kumpulkan 16 perguruan tinggi untuk kerja sama,” ujar Agus, di Yogya.

Menurutnya, kerja sama ini tak hanya terkait pendanaan perguruan tinggi Islam tetapi juga pembiayaan. Agus mengatakan pembiayaan tersebut termasuk untuk membiayai infrastruktur perguruan tinggi. “Malam ini kerja sama satu paket, termasuk cash management,” ujarnya.

Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu Dr Hamdan Rampadio mengucapkan banyak terimakasih atas jalinan kepercayaan yang diberikan kepada perguruan tinggi yang dipimpinnya ini, mengingat tidak mudah sebuah perbankan untuk menjalin kerjasama dengan sebuah perguruan tinggi. “Selaku pimpinan, saya tentu sangat berterimahkasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, semoga jalinan kepercayaan ini dapat membawa manfaat buat kedua lembaga besar ini,”singkat Hamdan Rampadio.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan kerja sama tersebut sangat strategis sinergi antara perbankan syariah dalam hal ini BSM dengan perguruan tinggi Islam. “Sinergi ini dalam rangka simbiosis mutualisme jadi masing mendapatkan keuntungan manfaat dari kerja sama ini,” kata dia.

Bank syariah akan mendapatkan nilai manfaat karena sejumlah pembayaran yang dikelola oleh perguruan tinggi, sementara perguruan tinggi juga bisa dapat manfaat dari penempatan dana-dana mereka di BSM.

Dalam pertemuan ini, Universitas Alkhairaat Palu diwakili oleh Rektor Hamdan Rampadio dan dr Lutfiah Sahabuddin, kegiatan ini juga dihadiri Meneger BSM Area Palu Endry Dzul Fikri. AMI.

- A d v e r t i s e m e n t -

Balas

Email tidak akan dipublikasikan