oleh

Petani Semangka di Sigi Tingkatkan Hasil Panen

SULTENG RAYA – Ponindi, seorang petani di Desa Waturalele Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi berhasil meningkatkan hasil panen buah semangka dilahannya seluas 0,4 hektar.Hal itu terjadi setelah dirinya menggunakan pupuk Phonska Plus.

Sebelumnya menggunakan pupuk itu, hasil panen di lahan seluas 0,4 hektar itu hanya tujuh ton. Namun hal itu meningkat signifikan menjadi 8,7 ton setelah dirinya mengguakan pupuk Phonska Plus.

“Artinya ada kenaikan 25% dari hasil panen sebelumnya yang bukan menggunakan pupuk Phonska Plus,” kata Ponindi, Selasa (29/9/2020).

Lanjutnya, lahan yang di tanami semangka tersebut semuanya menggunakan pupuk Phonska Plus dari pemupukan dasar sampai susulan semuanya menggunakan pupuk milik PT. Petrokimia Gresik tersebut.

“Efeknya mulai terlihat sejak tanaman semangka berumur 20 hari, ditandai dengan cepatnya pertumbuhan cabang-cabang yang menjalar. Bunganya juga semakin banyak dan tidak mudah rontok walaupun di cuaca sekarang ini yang tergolong Extrim bagi tanaman semangka, Sehingga bayak yang berhasil menjadi buah dan rasa semangka yang lebih manis dari sebelumnya,” ujarnya.

Selain itu dari sisi harga, jelas Ponidi, Phonska Plus juga lebih murah dibandingkan dengan pupuk NPK sejenisnya, lebih-lebih yang produk impor.

“Tapi kualitasnya tidak kalah dibanding merk lain. Jika dengan pupuk yang lebih murah bisa menghasilkan panen yang sama kualitasnya, kenapa kita harus membeli pupuk yang lebih mahal,” tutupnya. RHT

Komentar

News Feed