oleh

Pimpin Upacara Hut Ke-42 Kota Palu, Gubernur Longki Ajak Masyarakat Bersama ‘Lawan’ Covid-19

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengajak seluruh masyarakat, khususnya di Kota Palu untuk bersama-sama ‘melawan’ Covid-19.

Caranya, kata Gubernur Longki, selalu memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan, menghindari krumunan dan tidak membuLat kerumunan. Cara tersebut diyakini hingga kini menjadi cara paling efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Peristiwa non alam, yakni peristiwa kesehatan Covid-19 saat ini melanda dunia, termasuk kita di Kota Palu. Kita tidak boleh menyerah, kita harus lawan. Ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi, karena Covid-19 merupakan virus yang nyata dan mudah menyerang siapa saja tanpa memandang usia, jabatan etnis dan agama. Untuk itu, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah,” kata Gubernur Longki saat menjadi inspektur upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-42 Kota Palu di halaman Kantor Wali Kota Palu, Ahad (27/9/2020).

Baca Juga :   IZI Sulteng Bantu Keluarga Korban PHK Akibat Pandemi Covid-19

Ia juga minta Pemrintah Kota (Pemkot) Palu segera menerapkan dengan tegas disiplin protokol kesehatan klepada masyarakat. Terlebih, bedasarkan update data Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid-19 Sulteng per Sabtu (26/9/2020), total kasus di Sulteng telah mencpai 375 orang, terdiri dari 247 dinyatakan sembuh, 15 orang meninggal dunia dan 117 masih dirawat, sudah termasuk tiga orang dari luas Sulteng yang dirawat Rumah Sakit Umum (RSU) Madani Palu.

“Saya juga telah mengeluarkan surat edaran dan Peraturan Gubernur agar dilaksanakan masyarakat. Tujuannya , tidak lain adalah menekan penyebaran Covid-19 di Sulteng,” ucapnya.

Selain itu, Gubernur Longki juga meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Palu agar tidak terhubung dengan politik praktis pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. Larangan itu berupa ikut kampanye atau mengadakan pertemuan bersama calon kepala daerah, menyampaikan imbauan, ajakan, seruan maupun pemberian barang apa saja untuk memenangkan salah satu calon kepala daerah.

Baca Juga :   Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Meningkat Jadi 65,36 Persen

“Sebagaimana kita ketahui, Sulteng turut menyelenggarakan Pilkada serentak gubernur dan wakil gubernur Sulteng, tujuh bupati dan wakil bupati di Sulteng serta Kota Palu. Sehubungan dengan itu, saya ingin tegaskan khusus kepada ASN agar tidak terhubung dengan Pilkada. Jika ini dilakukan, sanksi kedisiplinan ASN akan dijatuhkan, olehnya mari kita tetap menjaga netralitas sebagai ASN,” tegas Longki.

Ia juga mengajak jajaran Pemkot Palu, tokoh masyarakat, tokoh pemuka agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan, untuk bersama-sama menciptakan ketertiban, ketentraman dan kedamaian dalam penyelenggaraan Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Mari kita sukseskan penyelnggaraan ini (Pilkada), ajaklah masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk datang ke TPS menggunakan hak suara,” tuturnya.

Baca Juga :   Begini Tips OJK Hindari Investasi Bodong

Gubernur Longki juga mendoakan agar peringatan HUT ke-42 Kota Palu menjadi momentum perubahan menjadikan Kota Palu lebih baik lagi, baik sekarang maupun masa mendatang.

“Semoga di usia yang ke 42 Kota Palu ini, motivasi dan kesadaran kita meningkat untuk memajukan Kota Palu di masa sekarang dan masa-masa yang akan datang. Peringatan ini sebagai rasa sukur sebagai warga Kota Palu yang memiliki komitmen kuat untuk memajukan Kota Palu walaupun diselimuti aberbagai cobaan, tantangan dan hambatan,” ucapnya.

Kegiatan itu dirangkaikan dengan penyematan penganugerahan tanda penghormatan satya lencana karya satya kepada sejumlah ASN di lingkungan Pemkot Palu oleh Gubernur Sulteng didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said, petahana Wali Kota Palu, Hidayat, Penjabat Wali Kota Palu periode 2015-2016, Hidayat Lamakarate serta Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri L Sawayah. HGA

Komentar

News Feed