oleh

IPKINDO Sulteng Janji Maksimalkan Peran Penyuluh Membangun Kehutanan

SULTENG RAYA – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO) Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan kunjungan ke pembina (Sowan) dalam hal ini Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Sulteng, Nahardi, Jumat (25/9/2020).

Kunjungan itu, difasilitasi oleh Kepala Seksi Penyuluh Dishut Sulteng, Darwis.

Ketua DPW IPKINDO Sulteng, Busranuddin Dg. Masserang menyampaikan, pihaknya akan berkomitmen menjadi organisasi terdepan dalam memajukan kehutanan di Sulteng, meningkatkan literasi hutan lestari dan pemberdayaan yang balance antara sistem konservasi dan pemanfaatan hasil hutan.

Busranuddin mengaku, dirinya akan menggerakkan seluruh perangkat organisasi bekerja lebih ekstra. Sebab menurutnya, sudah menjadi tanggung jawab insan  penyuluh memberikan pemahaman masyarakat, bersentuhan langsung dengan keluhan masyarakat dan memberikan langkah solutif.

Baca Juga :   Hari Ini, Gubernur Sulteng Terima Penghargaan CNBC Indonesia Award

Tidak hanya itu, dirinya akan menghimpun seluruh aspirasi yang didapat di lapangan berkaitan dengan inovasi dan berjanji mengupayakan promosi, baik melalui gerai KPH yang telah diresmikan pemerintah maupun dengan cara berbasis digital.

“Bahwa saya menyampaikan dengan adanya IPKINDO DPW Sulteng yang baru, maka penyuluh kehutanan akan siap sebagai garda terdepan pembangunan kehutanan di Sulawesi Tengah. Dengan menggunakan pola Berbagi Peran, Terapkan Kebersamaan dan Mandiri Hasilnya (BERTEMAN),” katanya.

Sementara, Kapala Dishut Sulteng selaku  pembina IPKINDO Sulteng, Nahardi menyampaikan, pesan organisasi penyuluh harus menjadi penghubung masyarakat sekitar hutan, produk yang dihasilkan dengan teknologi. Sehingga masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan akan lebih melek teknologi dan berinovasi didalam teknologi tersebut.

Baca Juga :   Penumpang Transportasi Jalur Laut Turun Drastis

“Penyuluh harus siap pendamping masyarakat, fasilitasi mereka untuk mengikuti perkembangan industri 4.0,” katanya.

“Penyuluh kehutanan kedepan harus sedapat mungkin memberi warna baru tentang kehutanan sehingga masyarakat merasa membutuhkan penyuluh. Nah, melalui IPKINDO Sulteng, kita coba wujudkan itu,” tambahnya. RHT

Komentar

News Feed