oleh

Pasien Positif Palu Bertambah Lagi

SULTENG RAYA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah kembali mengumumkan perkembangan penanganan Covid-19 di wilayahnya, khususnya di Kota Palu. 

Berdasarkan Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid-19 Sulteng pada Jumat (25/9/2020) kemarin, kasus positif Covid-19 di Kota Palu kembali bertambah tiga orang.

“Saat ini Sulteng mengalami peningkatan pasien positif Covid-19. Kota Palu salah satu dari tiga daerah yang menambah kasus positif Covid-19,” ungkap Juru Bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Haris Kariming, kepada Sulteng Raya, Jumat (25/9/2020).

Kini, kata dia, jumlah pasien menjalani perawatan medis di Kota Palu sebanyak 35 orang. Masing-masing, pasien dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura 16 orang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata 6 orang dan RSU Madani 13 orang.

Baca Juga :   BKKBN Dorong Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan KB di Masa Pandemi Covid-19

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palu, Rochmat Jasin Munawar, menjelaskan, bertambahnya pasien positif di Kota Palu disebabkan banyaknya pelaku perjalanan dan transmisi lokal masuk ke wilayah Kota Palu.

“Pelaku perjalanan menjadi penyebab jumlah positif Covid-19 terus meningkat,” jelasnya.

Kondisi itu diperparah lantaran aktivitas masyarakat Kota Palu masih menganggap seolah-olah tidak terjadi pandemi Covid-19. Sehingga, banyak tidak mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, seperti mengabaikan penggunaan masker dan jaga jarak.

Terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kata Rochmat, hanya bisa diterapkan apabila jumlah positif Covid-19 dan kematian meningkat jauh.

“Bisa diterapkan kalau ketika jumlah pasien positif meningkat serta jumlah pasien yang meninggal,” jelasnya. MG3

Komentar

News Feed