oleh

Nomor 1 HEBAT, Nomor 2 CERDAS

SULTENG RAYA  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah menggelar rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Kamis (24/9/2020).

Terdapat dua pasangan calon yang telah ditetapkan pada Rabu (23/9/2020), yakni Hidayat Lamakarate– Bartholomeus Tandigala dan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir.

Hasilnya, pasangan Hidayat – Bartholomeus dengan akronim HEBAT mendapatkan nomor urut 1 dan  pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir yang familiar dengan sebutan pasangan CERDAS mendapat nomor urut 2. 

Rapat pleno tersebut menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. Bahkan membatasi jumlah yang hadir saat pengundian dilakukan.

Komisioner KPU Sulteng Sahran Raden, mengatakan mekanisme tahapan pleno pengundian nomor urut hanya dihadiri kedua pasangan calon, ketua tim kampanye, perwakilan partai politik sebagai saksi masing-masing kandidat, dan 2 orang dari Komisioner KPU serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Baca Juga :   Lengkapi SIM dan STNK saat Berkendara, Pekan Depan, Operasi Zebra Tinombala Digelar

“Sesuai Peraturan KPU bahwa orang yang hadir dibatasi jumlahnya,” jelasnya usai rapat pleno, Kamis (23/9/2020).

Usai melakukan pengundian nomor urut, kedua pasangan calon menyampaikan sambutannya. Diawali sambutan Calon Gubernur Sulteng nomor urut 1, Hidayat Lamakarate, menyampaikan akan berkompetisi dengan mengusung konsep demokrasi damai dan politik santun.

“Izinkan kami menawarkan pelaksanaan – pelaksanaan Pilkada dengan konsep kami, yakni demokrasi damai dan politik santun,” katanya.

Dengan konsep itu, Hidayat mengajak kepada seluruh masyarakat Sulteng untuk mensukseskan Pilkada Sulteng 2020 dengan baik dan lancar. Karena hanya ada dua pasangan calon yang akan bertarung yang tidak lain memiliki hubungan emosional yang erat.

“Pak Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir sebagai orang tua kami. Mudah- mudahan, pada pelaksanaan Pilkada, beliau yang menang, maka beliau adalah guru dan orangtua kami. Tapi kalau kami yang menang, maka beliau adalah guru yang berhasil mendidik muridnya,”  katanya.

Baca Juga :   MUI Palu Imbau Unjuk Rasa Tidak Anarkis

Terakhir, Hidayat mengajak seluruh pendukung dan simpatisan agar tidak menciptakan kegaduhan dalam Pilkada Sulteng 2020.

“Tidak perlu saling caci maki. Mari kita laksanakan Pilkada dengan damai,” jelasnya.

Sementara itu, Calon Gubernur Sulteng nomor urut 2, Rusdi Mastura mengatakan, dalam pemenangannya mengusung tagline kerja cepat dengan kejujuran, yang bermakna setiap kerja-kerja pemerintahan harus dilandasi kejujuran.

“Sulteng ini milik kita, mari sama-sama kita bangun daerah ini,” katanya.

Terakhir, Rusdi Mastura mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta mensukseskan Pilkada Sulteng 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita harus sama-sama berkomitmen memutus mata rantai Covid-19,” ucapnya.  RAF

Komentar

News Feed