oleh

Pilkada Kota Palu Diikuti Empat Paslon

SULTENG RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu melaksanakan Rapat Pleno tertutup penetapan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di Kantor KPU Kota Palu, Rabu (23/9/2020).

Empat pasangan calon tersebut yaitu Hidayat dan Habsa Yanti Ponulele, Aristan dan Moh. Wahyuddin, Hadianto Rasyid dan Renny Lamadjido serta Imelda Liliana Muhiddin dan Arena JR Parampasi.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, mengatakan, keempat Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) telah memenuhi syarat untuk ikut serta dalam Pilkada 2020 setelah melalui tahapan proses pendaftaran ditetapkan KPU Kota Palu.

“Semua Bapaslon dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti Pilkada serentak,” ujar Agussalim. 

Pada kegiatan penetapan Paslon itu, Agussalim juga menjelaskan bahwa KPU Kota Palu akan melaksanakan kegiatan pengundian dan penarikan nomor urut Paslon pada Kamis (24/9/2020) di Hotel Santika Palu dengan peserta hadir terbatas sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2020.

Baca Juga :   Hari Ini, Gubernur Sulteng Terima Penghargaan CNBC Indonesia Award

Selain itu, Ia mengatakan bahwa KPU Kota Palu tidak membenarkan adanya iring-iringan. Untuk itu, Ia berharap LO dapat menyampaikan kepada para Paslon agar tidak membawa atau mengajak pendukung untuk datang ke kegiatan penarikan nomor urut.

“Kami sudah sampaikan berkali-kali bahwa iring-iringan tidak ada. Dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2020 peserta yang wajib hadir yakni Bapaslon. Tim Kampanye satu orang. Partai Politik (Parpol) atau gabungan Parpol satu orang. LO satu orang ditambah Bawaslu dan Forkopimda,” jelas Agussalim.

Terkait sanksi apabila terjadi pelanggaran, KPU Kota Palu menyerahkan kepada pihak Kepolisian dan Bawaslu untuk menindaklanjuti. “Terkait dengan sanksi, itu merupakan kewenangan kepolisian dengan Bawaslu sesuai dengan jenis pelanggarannya,” kata Agussalim. NDY

Baca Juga :   Tipo Terpilih Kelurahan Percontohan Cegah Perkawinan Anak

Komentar

News Feed