oleh

Kemenkumham Sulteng Kukuhkan Pos Yankomas

SULTENG RAYA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan Diseminasi HAM sekaligus pengukuhan Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas), Selasa (22/9/2020).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi mengatakan, dengan adanya Pos Yankomas di Unit Pelaksana Tugas (UPT), masyarakat bisa lebih mudah mengakses layanan pengaduan HAM khususnya di daerah.

“Selain itu, adanya Yankomas di UPT dapat mempermudah masyarakat untuk menyampaikan aduan atas dugaan pelanggaran HAM di Satuan Kerja. Serta, untuk UPT di wilayah kerja Kemenkumham Sulteng harus bersiap dalam proses penilaian Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) sesuai dengan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2018 tentang Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM,” kata Lilik Sujandi.

Baca Juga :   Pelaku Usaha Pariwisata Perlu Ciptakan Keamanan Berwisata

Lanjutnya, kegiatan tersebut disambut positif oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) HAM yang menyampaikan bahwa apa yang dilaksanakan oleh Kemenkumham Sulteng, merupakan salah satu bentuk komitmen terhadap perlindungan HAM yang dilakukan oleh Negara Indonesia sesuai dan sejalan dengan visi serta misi Ditjen HAM.

Hal ini berdasarkan, pelaksanaan Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) yang didasari oleh Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 32 Tahun 2016, tentang Pelayanan Komunikasi Masyarakat terhadap Permasalahan Hak Asasi Manusia.

Oleh karena itu, Ditjen HAM sangat berharap kepada Kemenkumham Sulteng sebagai pelaksana Yankomas di daerah untuk membantu menindaklanjuti penanganan permasalahan HAM yang dikomunikasikan dan permasalahan HAM yang belum dikomunikasikan. MG2/ULU

Baca Juga :   Penumpang Transportasi Jalur Laut Turun Drastis

Komentar

News Feed