oleh

Kasus Covid Meningkat, KBM Tatap Muka Kembali Dihentikan

SULTENG RAYA- Akibat meningkatnya kembali jumlah  kasus positif Covid-19 di Sulawesi Tengah, khususnya di  Kota Palu, proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di sekolah terpaksa kembali harus dihentikan.

Sebelumnya, sudah ada satu sekolah politing di Kota Palu yang telah diperbolehkan membuka kembali proses KBM secara tatap muka di sekolah, dalam bentuk surat rekomendasi dari gugus tugas Covid-19 Kota Palu, setelah sekolah ini melakukan sosialisasi dan simulasi dan dinyatakan layak dan siap KBM tatap muka.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengatakan, KBM tatap muka tersebut terpaksa harus dihentikan kembali untuk menghindari terjadinya  klaster baru di lingkungan sekolah, mengingat Kota Palu kini kembali dalam status Zona Merah.

Baca Juga :   SPENSA Bantu Peserta didik yang Terkena Musibah

“Kita hentikan dulu, karena melihat kondisi dan situasi saat ini penularan semakin banyak, ini sampai dengan waktu yang belum bisa ditentukan, jika sudah kondusif lagi maka akan diberlakukan lagi tatap muka,” katanya kepada Sulteng Raya Rabu (23/9/2020).

Untuk itu kata Kadis, bagi sekolah yang sudah menjalankan tatap muka harus kembali menggunakan metode pembelajaran dimasa pandemi atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Iya kemarin baru satu sekolah yang menjalankan itu (KBM tatap muka), SD Inpres Watusampu, sehingga kami instruksikan  kembali untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan belajar dari rumah. Karena keselamatan dan kesehatan warga sekolah adalah prioritas utama bagi kami,” kata Ansyar.

Baca Juga :   Produksi Masker SMKN 5 Palu Tergantung Pesanan

Sementara itu Kadisdikbud Provinsi, Irwan Lahace mengatakan, penghentian KBM tatap muka tersebut secara otomatis berlaku jika Gugus Tugas Daerah telah menyatakan  daerah kabupaten dan atau kota berada dalam zona merah.

“Tentunya jika sudah dinyatakan pihak terkait (gugus tugas covid-19) bahwa daerah ini berada di Zona Merah, maka KBM harus dihentikan,” kata Irwan Kepada Sulteng Raya saat dihubungi Rabu (23/9/2020).

Ia juga mengatakan, KBM tatap muka dapat kembali dilaksanakan jika keadaan sudah mulai membaik dan berada dalam zona hijau atau kuning.  “Ini tentu akan berlaku sampai daerah dinyatakan kembali zona hijau dan kuning, baru tatap muka dapat kembali dilaksanakan,” ucar kadis. JAN/ENG

Baca Juga :   Di Masa Pandemi SMPN 6 Palu Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Sekolah

Komentar

News Feed