oleh

Disperindag Sulteng Siap Memfasilitasi Ekspor Produk Jumlah Kecil

SULTENG RAYA – Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tengah, Ida Nursanti, mengatakan, Disperindag Sulteng siap memfasilitasi para pelaku usaha hendak ekspor produk dalam jumlah kecil, dengan catatan,  negara tujuannya sama.  

 “Kami siap memfasilitasi ekspor produk jumlah kecil asalkan negara tujuannya sama. Intinya negaranya harus sama meskipun produknya bermacam-macam,” jelas Ida Nursanti kepada Sulteng Raya usai kegiatan workshop pengembangan produk pelaku usaha yang terdampak Covid-19 di Hotel Best Western Palu, Rabu (23/9/2020).

Sebelumnya, jelas Ida, Disperindag Sulteng masih terkendala kontainer dan kapal yang tidak bisa langsung ke Negara tujuan, sehingga ekspor harus dilakukan dari daerah lain. Namun saat ini, Disperindag sudah menemukan solusinya.

Baca Juga :   Muh Rosni: PK21 Masih Perlu Sosialisasi Berulang

“Kami mengajak kepada para pelaku usaha, ayo kita sama-sama ekspor meski hanya dalam jumlah sedikit. Karena sudah ada konsolidator yang akan mengurus ekspor sedikit-sedikit itu yang penting ke satu Negara tujuan. Pelaku usaha silahkan datang ke Disperindag Sulteng, nanti kami akan data apa semua yang akan diekspor dan ke Negara mana,” ujarnya.

Apalagi menurutnya, Pemda Sulteng menginginkan ekspor bisa di segala sektor dan tidak hanya fokus ke salah satunya saja. Dalam waktu dekat, Disperindag Sulteng juga akan membentuk tim pengurus serta berkoordinasi dengan instansi vertikal terkait.

“Kami akan buat tim. Jadi, semua produk di lima sektor antara lain perikanan, pertanian, kehutanan, pariwisata dan pertambangan masuk dalam tim tersebut dengan instansi vertikal terkait seperti Bea Cukai, Karantina dan lainnya. Kami akan berkoordinasi agar dapat melakukan ekspor langsung dari Sulteng ke Negara tujuan,” jelas Ida.

Baca Juga :   Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Palu Bantu Dua Mesin Jahit Kelompok Disabilitas

Diketahui, beberapa waktu lalu Disperindag Sulteng telah melakukan ekspor perdana berupa kelapa dan kayu ke Vietnam. Sebagai informasi tambahan, Sulteng berada di peringkat 23 secara nasional untuk ekspor sektor perikanan. NDY

Komentar

News Feed