oleh

Warga Donggala Diimbau Manfaatkan Pekarangan untuk Pangan

SULTENG RAYA – Wabah  Covid 19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, salah satunya terhadap keamanan pangan.

Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Donggala mengimbau masyarakat agar memanfaatkan pekarangan untuk ketersediaan pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Donggala, Ir Sofyan DG Malaba, menjelaskan di masa pendemi covid 19 ini, pemerintah menganjurkan agar masyarakat   berdiam diri di rumah serta mengurangi aktivitas di luar rumah, untuk mengurangi potensi terpapar Covid 19.

Untuk itu, kata dia anjuran tersebut harus didukung oleh seluruh pihak. Salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat yaitu dengan memanfaatkan pekarangan untuk menanam tanaman pangan. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli kebutuhan pangan sehari-hari, tentunya hal ini dapat mengurangi aktivitas masyarakat di luar rumah.

Baca Juga :   PKBI JMK OXFAM Bantu Korban Banjir Bandang di Desa Limboro

“Banyak manfaat jika sayuran yang kita konsumsi merupakan hasil tanaman sendiri. Kita bisa lebih memastikan bahwa sayuran yang kita konsumsi itu sehat dan terbebas dari pestisida yang bisa membahayakan kesehatan,”jelasnya.

Selain itu, kata dia, tentunya dengan memanfaatkan pekarangan untuk menanam tanaman pangan dapat mengurangi biaya pengeluaran, bahkan ada sejumlah masyarakat yang berhasil meraup keuntungan yang sangat besar dari hasil pemanfaatan penanaman pangan di pekarangan.

Lebih lanjut, kata dia, kedepanya Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Donggala akan menggencarkan sosialisasi, serta mendorong masyarakat agar menerapkan pola tersebut.

“Kami selalu siap memberikan pembinaan dan bimbingan kepada masyarakat. Agar tidak ada lagi pekarangan yang mubazir,”terangnya.ADK

Baca Juga :   Sulteng Kini Miliki Delapan Pertashop

Komentar

News Feed