oleh

Komisi C DPRD Palu RDP Program Kotaku

SULTENG RAYA – Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kota Palu di ruang sidang utama DPRD Kota Palu, Selasa (22/9/2020).

Ketua Komisi C DPRD Kota Palu, Anwar Lanasi, menjelaskan, RDP itu untuk mengetahui progres serta melakukan koordinasi bersama pengelola Program Kotaku Kota Palu. Sehingga di tahun-tahun mendatang, ada sinergisitas antara program melalui Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) dengan Program Kotaku.

“RDP ini untuk koordinasi agar kami mengetahui apa yang telah masuk di Program Kotaku, sehingga tidak ada tumpang tindih dan kami tidak memasukkannya lagi melalui APBD,” ujar Anwar Lanasi kepada Sulteng Raya, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga :   Dinsos Bersama Satpol PP Bakal Intens Berpatroli

Menurutnya, selama ini Komisi C belum mengetahui progres dari Program Kotaku Kota Palu. Sehingga dalam RDP itu, DPRD meminta penjelasan.

“Olehnya itu kami ingin mengetahui sejauh mana progres pelaksanaan Program Kotaku Kota Palu 2020 dan pelaksanaannya di wilayah mana saja dari 46 kelurahan,” katanya.

Menanggapi hal itu, Tenaga Ahli Infrastruktur Program Kotaku, Gazali, menjelaskan, Program Kotaku Kota Palu mendapatkan alokasi anggaran Rp63,5 miliar untuk 45 Kelurahan se-Kota Palu.

Progres pembangunan fisik, jelas Gazali, saat ini telah mencapai 51,34 persen dengan dana sudah termanfaatkan yang cair ke Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sekitar Rp29 miliar lebih atau kurang lebih 46,8 persen.

Baca Juga :   Dinsos Palu Sudah Punya Rumah Singgah PPKS

Erman berharap, kedepannya Program Kotaku dapat terus berjalan sehingga bisa membantu perkembangan pembangunan di Kota Palu pascabencana.

“Dan kami (DPRD Kota Palu) sangat berterima kasih kepada pelaksana program Kotaku karena membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dalam hal pembangunan,” tuturnya. NDY

Komentar

News Feed