oleh

OJK Sulteng Dorong Semua Kabupaten Bentuk TPAKD

SULTENG RAYA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah mendorong terbentuknya Tim Percepatanan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di semua kabupaten dan kota di Sulteng.

Kepala OJK Sulteng, Gamal Abdul Kahar, mengatakan, TPAKD memiliki fungsi lebih efisien dalam membangkitkan potensi suatu daerah untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Mulai dari UMKM hingga pertanian.

Kumala Digifest

TPAKD melibatkan unsur industry jasa keuangan (IJK), Pemerintah, pelaku usaha, kelompok tani dan lainnya, sehingga dapat menyatukan persepsi dan berjalan beriringan.

“Kami dari OJK berpikiran, TPAKD ini perlu dibentuk supaya ada koordinasi antarinstansi, IJK yang siap membiayai permodalan, pelaku UMKM terlibat masyarakat terlibat jadi terarah. Kami mendampingi, bahwa TPAKD harus ada tiap kabupaten. Disisi Pemerintah kita menyatukan binaan mereka, kita lemparkan ke IJK yang ada di TPAKD. Persoalan yang kita hadapi sekarang ini kan kurang sinergi, dengan TPAKD itu jadi jelas,” kata Gamal Abdul Kahar usai pengukuhan TPAKD di Kabupaten Sigi beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Nasabah BSM di Sulteng Mencapai 176 Ribu

Menurutnya, Kabupaten Sigi dapat menjadi contoh efektifnya TPAKD dalam mendorong perekonomian daerah. TPAKD Sigi memulai dengan penyaluran kredit kacang tanah.

Seluruh sirkulasi niaga para petani kacang dikawal penuh. Petani hanya perlu menjaga, merawat tanaman hingga panen tiba. Bahkan, melalui TPAKD juga, mereka mendapatkan fasilitas berupa mesin produksi kacang tanah dari salah satu perusahaan yang telah siap membeli hasil panen petani.

“Ini contoh. Sigi ini kita kenal dengan daerah pertanian, hasil-hasilnya juga sudah kelihatan. Kenapa kita tidak coba mengembangkan itu, tentunya melalui TPAKD. Daerah lain juga perlu menggali potensi masing-masing. TPAKD bisa mengawal seluruh aktivitas perekonomian dari hulu hingga hilir. Kontrolnya bisa intens dibandingkan dengan per instansi yang mungkin akan terbagi. Disini kan kita jadi satu persepsi,” tutupnya. RHT

Komentar

News Feed