oleh

SLIK, Cara OJK Kontrol Riwayat Kredit Debitur

SULTENG RAYA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki satu sistem sebagai media kontrol dan pengawasan debitur Industri Jasa Keuangan (IJK). Adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), satu aplikasi yang menghimpun database debitur agar dapat diketahui riwayat kredit dari debitur.

Kepala OJK Kantor Perwakilan Sulteng, Gamal Abdul Kahar mengatakan, SLIK dahulu dikenal dengan nama BI Checking yakni sarana pertukaran informasi kredit antar lembaga jasa keuangan. Salah satu tujuan SLIK adalah memberikan penyediaan informasi debitur (iDeb).

Menurutnya, SLIK memiki cakupan akses yang lebih luas karena tidak hanya berisi informasi debitur perbankan, namun juga lembaga pembiayaan dan lembaga jasa keuangan lainnya yang memberikan fasilitas penyediaan dana.

Baca Juga :   Penggabungan akan Menciptakan Bank Syariah Nasional Terbesar

“Melalui SLIK, lembaga keuangan dan masyarakat dapat melihat riwayat pinjaman, plafon pinjaman, cicilan, denda pinjaman, untuk menganalisa dan mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan pinjaman,” katanya, Jumat (18/9/2020).

Untuk memperoleh informasi SLIK, masyarakat atau lembaga keuangan tidak sama sekali tidak perlu mengeluarkan biaya. Info lengkap tentang tata cara permintaan informasi SLIK dapat dilihat di bit.ly/slikOJK. RHT

Komentar

News Feed