oleh

MAN IC Palu Akan Miliki Gedung Terpadu

SULTENG RAYA- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Palu, dalam waktu dekat akan memiliki Gedung Terpadu, Kamis ( 17/9/2020) kemarin, telah dimulai proses pembangunanya, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Rusman Langke di MAN IC Kota Palu.

Gedung tersebut terdiri dari asrama terpadu, pusat layanan keagamaan terpadu dan mess guru, didanai melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2020.

Kumala Digifest

Kakanwil mengatakan, pembangunan ini dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Tenaga Pendidik, Kependidikan dan para peserta didik.

Namun kata Kakanwil, pembangunan gedung tersebut harus tetap fokus dan konsentrasi dengan memperhatikan kualitas konstruksi bangunan sesuai dengan kondisi daerah rawan gempa. “Kualitas konstruksi bangunan harus bisa menyesuikan dengan kondisi daerah rawan gempa,”pesan Kakanwil.

Baca Juga :   23 Dosen dan Empat Tenaga Kependidikan STPL Palu Terima BSU

Kakanwil melanjutkan, bahwa Kemenag begitu besar perhatiannya pada pemenuhan sarana dan prasarana (Sanpras) dan pembangunan infrastruktur di MAN IC Palu sejak didirikan empat tahun silam, dan itu diikuti dengan prestasi akademik dan non akademik, dan lulusannya bisa bersaing masuk di universitas ternama di Indonesia.

“Ini adalah amanah bagi kita buat generasi kedepan, dan amal jariyah bagi kita semua yang membantu madrasah kita,” tegasnya.

Kepala MAN IC Kota Palu, Soim Anwar melaporkan bahwa pembangunan beberapa gedung ini disesuaikan dengan kebutuhan di MAN IC Kota Palu dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik, kependidikan dan prestasi peserta didiknya.

Di Gedung Terpadu ini terdiri dari asrama terpadu, di dalamnya terdapat Guest House untuk tamu, cukup mengeluarkan biaya pemeliharaan, dengan view yang sangat indah, dapat secara langsung melihat teluk dan Kota Palu dari ketinggian.

Baca Juga :   Spensa Gunaka Lms Pada Ulangan Semester, Peserta Didik yang Terkendala dapat Mengambil Soal di Sekolah.

Selain Guest House, di Gedung Terpadu juga terdapat bangunan pusat kegiatan keagamaan ukuran 24×24 berlantai dua. “Di lantai dua untuk tempat ibadah, dibawah terdapat perpustakaan, ruang kajian kitap kuning, gajian ushul fiqih, tempat pelatihan praktek haji, memandikan mayit  dan terdapat ruang ruang lobi.

Sementara untuk mess guru, sebanyak lima kopel, setiap satu kopel diperuntukan untuk dua guru. Dari lima kopel itu, satu diantaranya dipersiapkan untuk tenaga guru asing termasuk dari Amerika untuk mengajar bahasa Inggris. “Saat ini untuk mess guru sudah berjalan, itu terdapat lima kopel,”ungkap Soim Anwar.

Untuk tahun depan kata Soim, madrasah ini akan kembali mendapatkan bantuan berupa asrama siswa putra dan putri tipe dua, seperti yang ada di MAN 2 Palu dan MAN 1 Palu. “Terimakasih, begitu besar perhatian pemerintah untuk Madrasah ini, namun itu sekaligus menjadi beban kami untuk mempersembahkan prestasi dan kualitas lulusan yang dapat bersaing di perguruan tinggi ternama di Indonesia, maupun luar negeri,”tutur Soim. ENG

Komentar

News Feed