oleh

Penyambungan Pipa Induk SPAM Parigi Terhenti

SULTENG RAYA – Dalam sepekan terakhir pelayanan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Parigi mengalami gangguan.

Hal itu disebabkan adanya kerusakan pipa induk di sungai akibat banjir melanda wilayah Kota Parigi beberapa waktu lalu.

Pelaksana tugas harian (Plh) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), Rivai, ST, MSi mengatakan, ada lima titik kerusakan pada jaringan pipa induk SPAM Parigi yang rusak diterjang banjir. 

Hanya saja perbaikan jaringan pipa induk tersebut kata Rivai terkendala cuaca. Pasalnya, akibat cuaca yang tidak menentu, masih sering terjadi banjir sehingga alat berat eksavator tidak bisa masuk lokasi perbaikan pipa induk.

Baca Juga :   Anggota Polisi di Mepanga Ditembak OTK

Namun demikian kata Rivai, tim dari Dinas PUPRP Parmout tetap berusaha melakukan perbaikan secara manual.

“Sampai tadi ini (kemarin) kami terus berusaha melakukan perbaikan secara manual, karena alat berat belum bisa masuk disebabkan sungai masih banjir. Tadi (kemarin) tim kami berusaha melakukan penyambungan pipa secara manual tapi terpaksa harus balik karena banjir besar lagi yang membawa batu-batu besar sehingga menjadi penghambat pekerjaan perbaikan pipa induk,” ujar Rivai kepada Sulteng Raya, Kamis (17/9/2020).

Lebih lanjut Rivai mengatakan, peralatan mesin las untuk penyambungan pipa sudah disiapkan. Namun, pekerjaan belum bisa dilaksanakan karena banjir yang masih sering terjadi.

“Semuanya tergantung kondisi cuaca. Jika cuaca sudah normal maka perbaikan penyambungan pipa dapat dilakukan dalam waktu tiga atau empat hari,” jelas Rivai.

Baca Juga :   Angka Stunting di Parmout Menurun

Sementara, untuk jaringan SPAM Tolai dan Ampibabo kata Rivai sudah berjalan normal sejak beberapa hari lalu setelah dilakukan perbaikan pipa induk yang juga rusak diterjang banjir. AJI

Komentar

News Feed