oleh

Diberi Mesin, Petani Siap Menyesuaikan

SULTENG RAYA – PT Gunanusa Eramandiri punya peran penting dalam peluncuran kredit kacang tanah diinisiasi Bank Sulteng di Kabupaten Sigi.

Manajemen PT Gunanusa Eramandiri mendonasikan mesin produksi memudahkan petani penerima kredit dalam eksekusi proses panen kacang tanah.

Petani penerima kredit kacang tanah, Karmin mengaku masih merasa asing dengan penggunaan mesin panen kacang tanah. Sebab, selama ini, mereka terbiasa melaksanakan panen secara manual.

Namun, dirinya dan petani lain berjanji akan melakukan penyesuaian. Menurutnya, mesin tersebut pastinya sangat berguna dan setidaknya mengurangi beban tenaga pascatanam.

“Saya terus terang masih awam. Artinya kita terima juga, nanti menyesuaikan saja untuk membantu. Nanti juga terbiasa,” kata  Karmin kepada awak media, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga :   Care Indonesia Bantu Warga di Huntara Petobo

Ia mengaku, lahannya saat ini akan ditanami kacang tanah, merupakan lahan tidur yang sebelumnya dipakai untuk menanam padi. Namun, karena distribusi air dari bendungan gumbasa terhenti akibat kerusakan fasilitas, mereka menerima tawaran untuk mengalihkan komoditas tanam.

“Kacang itu menurut pengalaman bisa suka air, bisa juga tidak. Kebutuhannya tidak terlalu banyak kaya padi. Karena kita juga masalah tanam kacang ini, dari nenek-nenek kami sudah menanam kacang, jadi tidak susah,” katanya.

Sementara itu, Direktur Bank Sulteng, Rahmat Haris mengatakan, penanaman kacang tanah itu nantinya akan terus dipantau. Sebab, kredit yang disalurkan untuk 20 hektar tersebut telah dilakukan kalkulasi mendalam untuk keuntungan petani.

Baca Juga :   Kapolres Sigi: Wartawan Adalah Mitra Kerja Polri!

“Mereka ini memiliki lahannya, merawatnya. Dalam perjalanannya, ada tim pembina juga, petani diberikan tunjangan juga atas perawatan itu dan disaat panen mereka juga akan mendapatkan hasilnya. Panen kacang tanah itu tiga bulan sekali,” RHT

Komentar

News Feed