oleh

Perusahaan Tambang di Morut Diminta Bangun Koordinasi dengan Pemda

SULTENG RAYA – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Baco Dg Palabbi meminta agar perusahaan tambang di Kabupaten Morowali Utara (Morut) menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

Hal itu disampaikan mengingat keluhan dari Pemerintah Kabupaten Morut terkait kehadiran perusahaan tambang diwilayahnya itu.

“Saya minta kepada pihak perusahaan agar senantiasa menjalin koordinasi dengan pemerintah setempat, dan mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan,” jelasnya saat melakukan peninjauan ke perusahaan tambang dan galian C serta smelter di Morut, Jumat (11/9/2020).

Selain itu, perusahaan tambang juga diminta untuk mematuhi kesepakatan penggunaan tenaga kerja lokal dan asing dengan perbandingan 10:1 atau 10 orang tenaga lokal dan seorang tenaga asing.

Baca Juga :   Realisasi Pajak Dikelola BPD Palu Lampaui Target

Sebelumnya, Bupati Morut, Moh Asrar Abd Samad menyampaikan keluhannya atas ulah beberapa pengusaha tambang dan galian C yang yang dianggap nakal dan tidak pernah melakukan koordinasi.

“Selain itu, koordinasi terkait beberapa bagian ruas jalan yang rusak dan perlu mendapat perhatian,” katanya.

Melihat lemahnya koordinasi itu, Bupati Morut Asrar melontarkan kekecewaannya kepada pihak perusahaan karena tidak pernah melaporkan dan berkoordinasi kepadanya selaku kepala daerah.

“Saya kecewa, karena koordinasi yang dibangun hanya kepada kepala desa setempat, sementara masyarakat sering menyampaikan keluhan kepada saya terkait keberadaan perusahaan di maksud,” ucapnya.

Diketahui, Wagub Sulteng didampingi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan kunjungan kerja ke areal pertambangan dalam rangka monitoring dan evaluasi terkait tenaga kerja, pembebasan lahan dan keamanan.

Baca Juga :   Tim Terpadu Palu Operasi Yustisi di 15 Cafe

Kunjungan kerja itu diawali mengunjungi  PT. Gunbuster Nickel Industri (GNI) dan PT. Stardust Estate Investment (SEI). Usai kunjungan di Morut, rombongan Wagub Sulteng selanjutnya menuju ke Kabupaten Morowali. Setibanya di daerah itu, Wagub Sulteng melakukan kunjungan ke PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). RAF

Komentar

News Feed