oleh

Kapolda Ajak Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan

SULTENG RAYA – Demi keamanan dan kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 20201, Kepolisian Republik Indonesia Daerah (Polda) Provinsi Sulawesi Tengah mengajak kepada seluruh stakeholder, partai politik pendukung,1 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta masyarakat pendukung masing-masing calon agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan.

Hal itu sebagai langkah antisipasi agar penyelenggaraan Pilkada 9 September 2020 mendatang tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Sulteng.

“Saya berharap Pilkada 2020 bukan menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, saya mengajak kepada seluruh stakeholder, partai politik pendukung, LSM dan masyarakat pendukung masing-masing calon, untuk selalu mengedepankan keamanan dan patuh terhadap imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Kapolda Sulteng, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso saat menyampaikan sambutan pada kegiatan pemasangan masker serentak dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 selama Pilkada 2020 serta peningkatan pendisiplinan masyarakat dalam penggunaan masker di Taman Gor Palu, Kamis (10/9/2020).

Baca Juga :   Lima Truk Bantuan Polda Sulteng Dikirim ke Sulbar

Ia menuturkan, sebagai upaya pengamanan penyelenggaraan Pilkada 2020, Polda Sulteng telah menyiapkan 19.085 personil dibantu satuan TNI.

Langkah tersebut, kata dia, lantaran perkembangan situasi politik menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020, telah menunjukkan adanya suhu politik berpotensi menimbulkan kerawanan sosial politik yang dapat menjurus pada gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Sehingga hal tersebut segera harus dapat diantisipasi oleh aparat keamanan, khususnya personil yang terlibat dalam operasi mantap praja tinombala 2020 dan stakeholder lainnya. Penting juga membangun sinergisitas tugas pembantuan TNI kepada Polri guna mengantisipasi berbagai potensi gangguan khususnya penanganan konflik sosial dan potensi kerawanan pada setiap tahapan Pilkada serentak 2020,” ujar Irjen Pol Abdul Rakhman Baso.

Baca Juga :   Pansus P3HA Tanyakan Kesiapan Pembentukan Satgas PPA

Selain itu, pihaknya juga telah berdiskusi dengan KPU dan Bawaslu guna membahas persiapan-persiapan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

“Koordinasi dengan KPU sangat penting untuk memantapkan persiapan pesta demokrasi serta mengantisipasi segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu jalannya Pilkada 2020,” kata Irjen Pol Abdul Rakhman Baso. NDY

Komentar

News Feed