oleh

Polda Sulteng Terjunkan 19.085 Personil Amankan Pilkada

SULTENG RAYA – Guna menciptakan keamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sulawesi Tengah (Sulteng), Polda Sulteng menerjunkan sebanyak 19.085 personil gabungan dalam Operasi Mantap Praja Tinombala 2020.

Ribuan pasukan itu, diterjunkan melalui apel gelar pasukan yang dilaksanakan secara virtual yang dipusatkan di Aula Torabelo Polda Sulteng, dipimpin oleh Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Drs. Nurwindiyanto dan dihadiri unsur forkopimda, Kasatgas Ops Mantap Praja Tinombala dan para Kapolres jajaran di wilayah masing-masing, Senin (7/9/2020).

Kapolda Sulteng, Irjen Pol Drs Abdul Rakhman Baso melalui Wakapolda Sulteng menyebutkan, menghadapi Pilkada serentak 2020 Kepolisian menyiapkan 19.085 personil terdiri dari Polda 1.322 personil, Polres 3.817 personil, TNI 1.059 personil dan linmas 12.887 personil.

Baca Juga :   BBTNLL Bantu Modal Kelompok Usaha di Kawasan TNLL

“Data sementara TPS sebanyak 6.296 dengan kriteria TPS aman 5.043, TPS rawan 1.033, TPS sangat rawan 214 dan TPS khusus 6, dengan pola pengamanan yang diterapkan TPS aman 2 Polisi, 8 linmas, 4 TPS, Pola Pengamanan TPS rawan 2 Polisi, 4 linmas, 2 TPS, Pola pengamanan TPS sangat rawan 2 Polisi, 2 linmas, 1 TPS dan pola pengamanan TPS khusus 2 Polisi, 1 linmas, 4 TPS,” sebut Wakapolda Sulteng.

Dikatakannya, pelaksanaan apel gelar pasukan itu merupakan representasi dari kesiapan Polda Sulteng atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dan seluruh masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran, demi suksesnya penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020.

“Kepercayaan ini haruslah kita jawab dengan kesungguhan dan keikhlasan hati, yang diwujudkan dengan keseriusan dalam pelaksanaan tugas pengamanan, sehingga rasa aman yang menjadi dambaan seluruh warga masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah betul-betul dapat kita wujudkan,” jelas Kapolda Sulteng.

Baca Juga :   Disnakertrans Sulteng Latih Pekerja Hotel

Menurutnya, diperlukan kesadaran dari seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menampilkan sikap dan perilaku yang sopan santun dalam berdemokrasi politik yang patut dan wajar, agar tidak menimbulkan perpecahan dalam kehidupan berpolitik yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan lainnya, sehingga tidak menimbulkan potensi kerawanan gangguan kamtibmas dalam masyarakat.

“Dalam aspek penegakan hukum agar mengefektifkan peran sentra Gakkumdu dalam penanganan tindak pidana pemilu, sehingga setiap perkara yang ditangani dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan tuntas demi memperoleh kepastian hukum,” harapnya.

Usai pelaksanaan gelar pasukan, Wakapolda Sulteng didampingi Wakil Gubernur Sulteng, Danrem 132/Tadulako, Kajati Sulteng, Ketua KPU Sulteng dan Ketua Bawaslu Sulteng melakukan pengecekan peralatan dan fasilitas pendukung pengamanan Pilkada serentak 2020. YAT

Baca Juga :   Libur Panjang, Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG di Sulawesi Aman

Komentar

News Feed