oleh

Izin Klir, Pembangunan New Tatura Mall Dikebut

SULTENG RAYA – PT Citra Nuansa Elok (CNE) mulai mempercepat pembangunan New Tatura Mall (NTM) Palu.

Direktur Utama (Dirut) PT CNE, Mohammad Sandiri  La’anto, mengatakan, pihanya menargetkan pembangunan NTM Palu kelar pada November 2021 mendatang.

Kumala Digifest

Terlebih, kini sejumlah kendala berkaitan dengan perizinan, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Analisa Dampak Lalu Lintas (Andalalin) hingga Analisa Mengenai Dampak lingkung (Amdal), seluruhnya telah klir.

“Kita sempat terkendala (proses pembangunan), lantaran beberapa izin belum keluar, seperti IMB dan Amdal. Tapi alhamdulillah, semua izin tersebut sudah ada.  Dengan keluarnya IMB pada 27 Agustus 2020, kita akan mulai percepat proses pembangunannya. Target kita mudah-mudahan tidak meleset, selesai pada November 2021,” kata Memet, sapaan akrab Mohammad Sandiri  La’anto kepada sejumlah wartawan, Senin (7/8/2020).

Baca Juga :   BKKBN Dorong UPPKS Belajar Pemasaran Daring

Diakuinya, prngurusan sejumlah izin cukup menyita waktu. Pasalnya, pihaknya telah mengurus IMB dan Amdal sejak Maret 2019 dan baru keluar pada Agustus 2020. Sembari menunggu perizinan terbit, kata dia, pada awal Maret 2020 atau pasapeletakan batu pertama pada 20 Februari 2020, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan pembangunan, seperti pembersihan lokasi hingga pembuangan material.

Kini, kata dia, progres pembangunan diperkirakan telah mencapai 17 persen. Ia menargetkan, pembangunan dua lantai ruang bawah tanah (rubanah) alias basement kelar dua bulan mendatang.

“Dalam program perencanaan ada dua basement, yakni lantai satu dan dua di bagian bawah gedung NTM dengan kedalaman 6 meter. Sekarang, kita sementara melakukan bore pile (pembuatan pondasi dengan elemen beton bertulang  dimasukan ke dalam lubang bor). Dalam waktu dua bulan ke depan, mall sudah bisa menyelesaikan pekerjaan basement,” jelas Memet.

Baca Juga :   Hindari Kerumunan Di Masa Pandemi, Ipkindo Sulteng Rakor Bersama Penyuluh Kehutanan Secara Virtual

 

DAMPAK POSITIF PEREKONOMIAN

Memet juga berharap, masyarakat dapat mendukung pembangunan mall terbesar dan terlengkap serta mall pertama bertaraf internasional di Sulawesi Tengah itu.  Terlebih, mall yang diklaim mampu menahan gerakan gempa hingga 9,5 SR itu, diyakini bakal memberi dampak positif terhadap perputaran ekonomi di Kota Palu.

Selain dapat menjadi maget bagi wisatawan, keberadaan NTM juga akan membuka lapangan kerja khususnya bagi warga Kota Palu. Belum lagi, keberadaan NTM dipastikan akan menambah pendapatan daerah, khususnya dari sektor pengelolaan parkir maupun pajak dari para tenant.

Diketahui, hingga kini, dari 34.000 meter persegi ruang sewa disiapkan dari 53.000 meter persegi luas bangunan, seluruhnya telah dilamar para tenant. Beberapa tenant besar telah siap bergabung, diantaranya, Ramayana, Matahari, Starbucks Corporation, Mcdonal’s hingga perusahaan bioskop terbesar di dunia Cinepolis.

Baca Juga :   Kaper Erna Harap Kualitas Pelayanan Tidak ‘Kendor’ di Masa Pandemi

“Alhamdulillah, peminatnya (tenant tertarik) sangat luar biasa. Kami juga mohon doa dari masyarakat, semoga New Tatura Mall dapat selesai sesuai target,” katanya. HGA

Komentar

News Feed