oleh

BMI Luncurkan Layanan Host to Host Lembaga Keuangan BPR-BPRS

SULTENG RAYA – Bank Muamalat Idonesia (BMI) melalui BMI Cabang Palu mengkonfirmasi bahwa saat ini ihaknya telah meluncurkan satu layanan untuk lembaga keuangan Bank Perkreditasn Rakyat dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPR/BPRS).

Layanan Host to Host tersebut berupa penyediaan fasilitas berupa sistem dapat melakukan transaksi perbankan secara umum. Kerja sama itu untuk memudahkan nasabah BPR dan BPRS transaksi standar layanan perbankan sesuai BUKU II, yakni tindakan yang tidak bisa dilakukan BPR dan BPRS sesuai dengan regulasi yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40/POJK.03/2019 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum.

“Nasabah mereka pada dasarnya tidak bisa melakukan transaksi antar-bank dimana sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. Nah, melalui sistem ini, mereka bisa melakukan transaksi di kami untuk kemudian tabungan atau drop uang bisa melalui kami ke BPR konvensional dan syariah,” kata Branch Manager BMI Cabang Palu, Bambang Haryo Nugroho kepada Sulteng Raya, Ahad (6/9/2020).

Baca Juga :   Bank Mandiri Mengenalkan Digiresto ke Pelaku IKM Binaan Disperindag

Adapun layanan yang disediakan dalam sistem Host to Host, kata dia, berupa transaksi antar bank, RTGS, SKN hingga transaksi dasar lainnya sebagaimana yang dilakukan perbankan pada umumnya.

“Dari sisi biaya sama dengan nasabah perbankan secara umum atau pembiayaan administrasinya. Sehingga mereka betul-betul dapat menikmati fasilitas bank secara umum. Fasilitas ini terkoneksi dengan layanan Bank Muamalat,” tuturnya.

Di Kota Palu, lanjutanya saat ini, pihaknya sedang dalam tahap negosiasi kepada BPR dan BPRS maupun lembaga lainnya.

“Di Palu dan Sulteng pada umumnya belum ada yang terkoneksi seperti ini. Ini terobosan untuk lebih menggeleliatkan transaksi dan membuat pertumbuhan ekonomi dari sisi perbankan akan meningkat,” tutup Bambang. RHT

Baca Juga :   Pandemi, OJK Bangkitkan Asa Anak-anak Huntara Akses Pendidikan

Komentar

News Feed