oleh

Milad ke-37 dan Wisuda Sarjana Unismuh Digelar Pekan Depan

SULTENG RAYA- Perayaan Milad ke-37 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu akan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Wisuda Sarjana ke-49 dan Pascasarjana ke-5 di awal pekan depan, salama dua hari, Senin (31/8) dan Selasa (1/9).

Pelaksanaan Milad dan wisuda tersebut dilakukan secara tatap muka setelah sebelumnya Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM melakukan konsultasi dengan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Lembaga Layanan Dikti Wilayah IX Sulawesi Gorontalo.

Dalam konsultasi itu, kedua lembaga tersebut mengizinkan Kampus Biru Unismuh Palu melaksanakan wisuda secara tatap muka, dengan ketentuan tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Selain kedua lembaga itu, Panitia Wisuda atas perintah Rektor Unismuh Palu juga melakukan konsultasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. “Dari hasil Konsultasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, kita diberi petunjuk minimal 50 orang dalam satu ruangan dengan pengaturan jarak tertentu, selain tetap memakai masker, dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan, serta menyediakan hand sanitizer,”jelas Ketua Panitia Wisuda Sarjana ke-49 dan Pascasarjana ke- 5 Unismuh Palu, Dr Wahiduddin Basry, ST., MT, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga :   Jelang Pelaksanaan Tatap Muka, SMPN 3 Palu Prioritaskan Persetujuan Orang Tua

Secara teknis, Wahiduddin menjelaskan, jika pelaksanaan wisuda tersebut nantinya menggunakan sistem sesi, dalam satu hari terdapat dua sesi, setiap sesi peserta sejumlah 50 orang dalam satu ruangan, namun dengan melihat jumlah peserta wisuda sejumlah kurang lebih 380 orang, maka kemungkinan besar panitia juga menggunakan ruang di luar auditorium rektorat.

“Kita harus bisa menyesuaikan dengan kondisi nanti, yang terpenting adalah protokol kesehatan, keselamatan peserta harus nomor satu, untuk itu setiap pergantian akan dilakukan penyemprotan disinfektan,”kata Dekan Fakultas Teknik Unismuh Palu ini.

Sementara untuk item acara, Dekan Teknik ini mengaku lebih dipersingkat, kouta waktu untuk setiap sambutan paling lama 15 menit, tamu undangan dan orang tua peserta wisuda tidak diperkenankan hadir di lokasi wisuda, dapat menyaksikan kegiatan bersejarah ini melalui Live Streaming Youtube Unismuh Palu Offcial, Facebook @unismuhpalu. ac.id, Instagram @unismuhpalu.offcial.

Baca Juga :   Mahasiswa Fakultas Pertanian Untad, PPL di ICI Sulteng

Sebelumnya, Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM mengatakan, pelaksanaan milad dan wisuda kali ini sangat jauh berbeda dengan pelaksanaan wisuda sebelum-sebelumnya, sebab selain hanya peserta yang diperkenankan hadir di lokasi wisuda (tanpa didampingi pendamping atau orang tua), juga dilakukan secara persesi, hal tersebut dilakukan kata rektor, untuk menghindari terjadinya klaster baru dalam penularan Covid-19 di Kota Palu.

“Kita semua harus bisa memaklumi kondisi ini, demi keselamatan diri kita semua, sehingga harus menggunakan protokol kesehatan, jaga jarak serta dengan terpaksa untuk pertama kalinya tidak menghadirkan pendamping atau orang tua peserta wisuda,”jelas rektor. ENG

Komentar

News Feed