oleh

Dinas Pangan Sulteng Salurkan 17 Ton Beras untuk Korban Banjir Parigi

SULTENG RAYA – Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyerahkan bantuan beras melalui program rawan pangan transien kepada Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parmout). Bantuan beras yang diserahkan tersebut sebanyak 17 ton 190 kilogram yang diperuntukkan bagi 1.910 jiwa korban banjir di Kecamatan Parigi dan Parigi Selatan.

Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pangan Sulteng, Abdullah Kawulusan dan diterima oleh Wakil Bupati Parmout, Badrun Nggai di ruang kerja Wakil Bupati, Rabu (12/8/2020).

Penyerahan bantuan itu ditandai dengan penandatanganan berita acara penerimaaan oleh Wakil Bupati Badrun Nggai.

Kepala Dinas Pangan Sulteng, Abdullah Kawulusan mengatakan, bantuan cadangan pangan transien merupakan keadaan kerawanan pangan yang disebabkan kondisi tidak terduga karena datangnya berbagai musibah, bencana alam, kerusuhan, musim yang menyimpang dan keadaan lain yang bersifat mendadak.Dia mengatakan, bantuan itu untuk masa penanganan 30 hari termasuk daerah terdampak Covid-19.

Baca Juga :   Warga Tak Pakai Masker Dihukum Push Up

“Bantuan ini akan disalurkan dalam masa penanganan 30 hari, jadi bisa seminggu, dua minggu atau sebulan,”ujar Abdullah Kawulasan.

Abdullah Kawulusan menambahkan, di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Sulteng memberikan kebijakan dengan menambahkan cadangan pangan transien hingga 700 ton.

“Dimasa pandemi Covid-19, ada refocusing anggaran yang biasanya kita siapkan 100 ton menjadi 700 ton. Apabila masih ada permintaan dari pemerintah daerah kami akan data kembali, karena saat ini masih ada sekitar 300 ton cadangan pangan transien,”jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Parmout,  Badrun Nggai mengatakan, Kabupaten Parmout merupakan lumbung pangan. Namun pasca bencana banjir yang melanda wilayah eks Kecamatan Parigi belum lama ini membuat ketersediaan pangan sangat krusial di wilayah tersebut. Namun demikian katanya hal itu tidak membuat keadaan yang lebih buruk untuk ketersediaan pangan Kabupaten Parmout saat ini.

Baca Juga :   Warga Tak Pakai Masker Dihukum Push Up

Badrun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Pangan Sulteng yang telah menyerahkan bantuan rawan pangan transien kepada Pemerintah Kabupaten Parmout bagi korban banjir.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan yang diserahkan ini, secepatnya kami akan kami salurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya demi kestabilan perekonomian di wilayah Kabupaten Parigi Moutong,” ujar Badrun.

Turut hadir pada acara penyerahan bantuan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parmout, Nelson Metubun, SP. AJI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed